EKA SETIYAWATI, . (2017) PEMBELAJARAN SENI LUKIS BAGI PESERTA DIDIK KESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TALENTA JAKARTA (Studi Deskriptif Pada Peserta Didik Kesulitan Belajar Di Kelas X Sekolah Menengah Atas Talenta Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB III BARU BANGET.pdf Download (369kB) |
|
Text
BAB II BARU BANGET.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV BARU BANGET.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I BARU BANGET.pdf Download (332kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA BARU.pdf Download (162kB) |
|
Text
LAMPIRAN FOTO FOTO.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN TRIANGULASI TEKNIK&REDUKSI.pdf Download (469kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (165kB) |
|
Text
DAFTAR ISI Eka Setiyawati.pdf Download (344kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (982kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (758kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (814kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran seni lukis bagi peserta didik kesulitan belajar di kelas inovasi Sekolah Talenta Jakarta. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kesulitan belajar yang disertai dengan persepsi visual yang bernisial C dan R. Metode yang digunakan adalah metode desktiptif, dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu, triangulasi data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran seni lukis menggunakan kurikulum yang dimodifikasi sesuai dengan kemampuan peserta didik, pembelajaran seni lukis menggunakan teknik arsir dan tie dye, dengan memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam membuat sketsa, menentukan tema dan penggunaan media bahan untuk melukis. Evaluasi pembelajaran yang digunakan yaitu performance test. Penelitian ini dapat digunakan bagi sekolah lain untuk meningkatkan pembelajaran seni lukis dengan menggunakan teknik arsir dan tie dye dalam pembelajaran seni lukis bagi peserta didik kesulitan belajar. Instruction art of painting in Xth grade (innovation class) Talenta School Jakarta generate papers an interesting and interest general aundience. The subject of this research of student learning disabilities are accompanied by visual perception of initial C and R. The method used by descriptive method, with qualitative approachment research. To collect data with observation, interview, and documentation study. The analysis of data used data triangulation and technique triangulation. The research result reveal the instruction arf of painting using a modified curriculum in accordance with the ability of the student, learning art of painting using techniques shading and tie dye, by giving freedom to student in sketching, determine the theme and use of media materials for painting. Evaluation of learning used performance test. This research can be used for other school to improve instruction painting with the use of the technique of shading and tie dye in instruction art painting for students learning disabilities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Wuryani, M.Pd. 2). Leliana Lianty, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 01:56 |
Last Modified: | 04 Apr 2022 01:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25703 |
Actions (login required)
View Item |