PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR BERBASIS MEDIA DIGITAL UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN KEBERSIHAN DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN

NAILAH, . (2022) PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR BERBASIS MEDIA DIGITAL UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN KEBERSIHAN DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media digital dalam bentuk buku digital, video animasi, dan poster, yang berisikan pentingnya merawat kebersihan diri, pelaksanaan toilet training, dan tata cara mandi untuk anak usia 4-5 tahun. Selain menghasilkan produk berupa media digital, penelitian ini juga menghasilkan dokumen perencanaan kegiatan belajar dan buku panduan untuk orang tua. Penelitian ini menggunakan metode Research And Developement (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah 2 orang anak laki-laki berumur 5 tahun dan 2 orang anak perempuan berumur 4 tahun. Serangkaian hasil uji coba dari produk yang dikembangkan dilakukan oleh ahli media dengan presentase sebesar 75%, ahli materi dengan presentase sebesar 62,5%, pendidik dengan presentase sebesar 93,7%, dan content creator dengan presentase sebesar 95%, dan dari hasil uji efektivitas yang dilakukan pada anak usia 4-5 tahun dengan presentase sebesar 100%. Hasil dari pengembangan kegiatan belajar berbasis media digital dapat dikatakan sudah sesuai dan berhasil dalam menstimulasi keterampilan kebersihan diri pada anak usia 4-5 tahun. This study aims to produce a product in the form of digital media in the form of digital books, animated videos, and posters, which contain the importance of maintaining personal hygiene, implementing toilet training, and bathing procedures for children aged 4-5 years. In addition to producing products in the form of digital media, this research also produces learning activity planning documents and guidebooks for parents. This study uses the Research And Development (R&D) method using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The subjects of this study were 2 boys aged 5 years and 2 girls aged 4 years. A series of test results of the products developed were carried out by media experts with a percentage of 75%, material experts with a percentage of 62.5%, educators with a percentage of 93.7%, and content creators with a percentage of 95%, and from the test results effectiveness carried out on children aged 4-5 years with a percentage of 100%. The results of the development of digital media-based learning activities can be said to be appropriate and successful in stimulating personal hygiene skills in children aged 4-5 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd. ; 2). Lara Fridani, S.Psi.,M.Psych, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 14128 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:29
Last Modified: 30 May 2022 02:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25814

Actions (login required)

View Item View Item