POLA INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS PERCEPATAN BELAJAR (Studi Kasus Kelas 8 SKS SMP Islam PB Soedirman Cijantung, Jakarta Timur)

DINA PERWITASARI, . (2017) POLA INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS PERCEPATAN BELAJAR (Studi Kasus Kelas 8 SKS SMP Islam PB Soedirman Cijantung, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ORISINILITAS.pdf

Download (98kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf

Download (499kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (456kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi siswa kelas percepatan belajar di SMP Islam PB Soedirman Cijantung Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Observasi dilakukan dengan melihat, mengamati, serta mencatat proses interaksi siswa kelas percepatan belajar SKS (Sitem Kredit Semester) di kelas VIII, SMP Islam PB Soedirman. Dokumentasi dilakukan dengan cara mengambil gambar berupa foto yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini adalah pola interaksi siswa kelas percepatan belajar SKS di SMP Islam PB Soedirman yang menunjukan bahwa pola interaksi dilihat berdasarkan pelakunya yaitu Interaksi antar individu seperti siswa kelas sks dengan gurunya pada umumnya sama dengan interaksi antara siswa dengan guru pada sekolah lainnya yaitu yang bertujuan memperoleh hasil belajar maksimal untuk setiap siswanya. Sedangakan interaksi yang terjadi diantara siswa kelas sks dengan teman sekelasnya merupakan interaksi yang harmonis dikarenakan sikap solidaritas yang timbul karena kesadaran akan status sosial pada diri siswa SKS dan menyebabkan siswa kelas SKS memiliki perasaan nyaman bila berintraksi dengan sesamanya saja. Sedangkan interaksi antar kelompok siswa sks dengan siswa kelas non sks merupakan interaksi yang berjalan kearah kesenjagan sosial yang disebabkan oleh ekslusifitas yang diberikan sekolah terhadap kelas SKS yang menciptakan terjadinya kecemburuan sosial yang kemudian menyebabkan kesenjangan sosial diantara siswa. This research aims to determine the patterns of interaction in accelerated learning class in SMP Islam PB Sudirman Cijantung, East Jakarta. The method that is used in this research is qualitative method. Source of the data is derived from primary data and secondary data. The technique of data collection was conducted by observation, interview, and documentation. The observation was conducted by observing, interwiewing and taking documentation on the process of student's interaction in accelerated learning class with academic credit unit of VIII grade in SMP Islam PB Sudirman. The documentation was done by taking images that related to the research. The results of this study are the interaction pattern of accelerated learning credits student in SMP Islam PB Soedirman. The results showing that patterns of interaction can be seen by the characters that is the interactions between individuals such as the interaction of students with the teacher in the accelerated learning class seems like the interaction between students and teachers at other schools, because the teachers has a same purpose they will make students get the maximum scores. And then, the interactions between any students in that class is a harmonious interaction cause the solidarity between them make them feel comfortable with their same social levels. While the interaction between groups of students with student credits and non credits is an interaction that heading to social inequalitiy. Because exclusivity that school granted to the students in school credits makes social jealousy which can causes social gaps among students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desy Safitri, M.Si 2) Dr. Eko Siswono, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:11
Last Modified: 06 Apr 2022 02:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25839

Actions (login required)

View Item View Item