UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS X MIPA 3 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMA NEGERI 48 JAKARTA

GEMALA HAVIZA, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS X MIPA 3 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMA NEGERI 48 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
0 Surat pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
1 MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (22kB)
[img] Text
0 LEMBAR KEASLIAN ATAU ORIGINALITAS SKRIPSI.pdf

Download (603kB)
[img] Text
0 LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SKRIPSI TTD.pdf

Download (585kB)
[img] Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text
4 KATA PENGANTAR.pdf

Download (40kB)
[img] Text
5. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
5 DAFTAR TABEL.pdf

Download (41kB)
[img] Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
5 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (45kB)
[img] Text
7 BAB II.pdf

Download (228kB)
[img] Text
8 BAB III.pdf

Download (154kB)
[img] Text
9 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
10 BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] Text
3 ABSTRACT.pdf

Download (41kB)
[img] Text
2 COVER .pdf

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Treffinger dengan pendekatan saintifik pada materi trigonometri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Berdasarkan hasil observasi dan tes awal kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di kelas X MIPA 3 SMA Negeri 48 Jakarta, disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam kategori rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Model pembelajaran model Treffinger dengan pendekatan saintifik dapat dijadikan alternatif pelaksanaan pembelajaran matematika dikelas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Treffinger dengan pedekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hal tersebut ditunjukkan melalui peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa selama tiga siklus. Nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 48 Jakarta pada siklus I berada dalam kategori cukup baik, yaitu 41,1, pada siklus II dalam kategori baik, yaitu 64, dan pada siklus III berada pada kategori baik pula, yaitu 73. Presentasi jumlah siswa yang mencapai atau melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70, juga mencapai peningkatan. Pada siklus I sebesar 11,1% dari seluruh siswa kelas X MIPA 3 telah mencapai atau melebihi KKM, pada siklus II meningkat menjadi 36,1%, dan pada siklus III meningkat menjadi 77,8%. Siswa diberikan tes disetiap akhir siklus untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis. Waktu pelaksanaan penelitian berlangsung dari bulan April sampai Mei 2017 dikelas X MIPA 3 SMA Negeri 48 Jakarta tahun pelajaran 2016-2017. Siswa dikelas tersebut berjumlah 36 siswa. Namun, karena keterbatasan dalam melakukan penelitian, hanya dipilih 6 subjek penelitian (SP). Hasil peningkatan dari setiap SP tersebut yaitu, SP1 siklus I memperoleh nilai 72,2, siklus II 76,4, dan siklus III meningkat menjadi 80,6. SP2 siklus I memperoleh nilai 73,7, siklus II 91,3, dan siklus III meningkat menjadi 94,4. SP3 siklus I memperoleh nilai 65,3, siklus II 77,8, dan siklus III meningkat menjadi 91,8. SP4 siklus I memperoleh nilai 47,2, siklus II 62,5, dan siklus III meningkat menjadi 70,8. SP5 siklus I memperoleh nilai 55,2, siklus II 69,4 dan siklus III meningkat menjadi 81,8. SP6 siklus I memperoleh nilai 41,7, siklus II 61,1 dan siklus III meningkat menjadi 70,8. This study aims to find out how the application of learning model Treffinger with scientific approach on trigonometric material can improve students' mathematical creative thinking ability. Based on the results of observation and early tests of students 'mathematical creative thinking ability in class X MIPA 3 SMA 48 Jakarta, it was concluded that students' mathematical creative thinking ability in the low category, so it needs to be improved. Treffinger learning model with a scientific approach can be used as an alternative implementation of mathematics learning in class. This type of research is a classroom action research conducted in three cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, analysis, and reflection. The results showed that learning mathematics through learning model Treffinger with scientific approach can improve students' mathematical creative thinking ability. This is shown through the increase in the average score of students' mathematical creative thinking skills over three cycles. The average score of creative thinking ability test of grade X of MIPA 3 students in SMA 48 Jakarta in cycle I is in good enough category, that is 41,1, in cycle II in good category, that is 64, and in cycle III is in good category also, which is 73. Presentation of the number of students who reached or exceeded the minimum completeness criteria (KKM) of 70, also reached an increase. In the first cycle of 11.1% of all students of class X MIPA 3 has reached or exceeded the KKM, the second cycle increased to 36.1%, and in the third cycle increased to 77.8%. Students are given tests at the end of each cycle to measure the ability to think creatively mathematically. The time of the research took place from April to May 2017 in class X MIPA 3 SMA 48 Jakarta in the academic year 2016-2017. Students in the class were 36 students. However, due to limitations in doing research, only selected 6 research subjects (SP). The increase of each SP that is, SP1 cycle I get the score of 72.2, cycle II 76.4, and cycle III increased to 80.6. SP2 cycle I scores 73.7, cycle II 91.3, and cycle III increases to 94.4. SP3 cycle I scores 65.3, cycle II 77.8, and cycle III increases to 91.8. SP4 cycle I obtained a value of 47.2, cycle II 62.5, and cycle III increased to 70.8. SP5 cycle I got 55.2, cycle II 69,4 and cycle III increased to 81,8. SP6 cycle I scores 41.7, cycle II 61.1 and cycle III increases to 70.8.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Wardani Rahayu, M.Si. 2) Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:08
Last Modified: 06 Apr 2022 02:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25845

Actions (login required)

View Item View Item