MENINGKATKANKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLANELGRAF PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III DI SLB NEGERI 2 JAKARTA

FEBRIANA BUDI RAMADHANTI, . (2016) MENINGKATKANKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLANELGRAF PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III DI SLB NEGERI 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3.LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
4.LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (861kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (674kB)
[img] Text
5.LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (28kB)
[img] Text
1.LEMBAR JUDUL.pdf

Download (74kB)
[img] Text
8.BAB I.pdf

Download (39kB)
[img] Text
9.BAB II.pdf

Download (218kB)
[img] Text
10.BAB III.pdf

Download (170kB)
[img] Text
7.LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (29kB)
[img] Text
6.LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
14.DAFTAR TABEL.pdf

Download (28kB)
[img] Text
15.DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (39kB)
[img] Text
11.BAB IV.pdf

Download (163kB)
[img] Text
12.BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media flanelgraf pada peserta didik tunagrahita sedang kelas III di SLB Negeri 2 Jakarta yang dilaksanakan pada bulan Maret 2015 sampai dengan Mei 2015. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III yang berjumlah lima peserta didik. Fokus penelitian adalah peningkatan kemampuan membaca permulaan dalam pengenalan huruf konsonan, membaca suku kata dan kata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan dengan pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 6 pertemuan pada setiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian ini mengalami peningkatan, yang terlihat adanya peningkatan mulai dari pra siklus, siklus I , dan siklus II serta pada proses pembelajaran peserta didik terlihat aktif dan cukup antusias menggunakan media flanelgraf. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media flanelgraf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik tunagrahita sedang kelas III di SLB Negeri 2 Jakarta. The aims of research to increase early reading ability by using media flanelgraph to student with middle-intellectual disability class III at SLB Negeri 2 Jakarta that have been implemented on March until May 2016. The subject of research was five students class III. This research focus on an increase of early reading ability in identification letters of consonant, reading of syllabication and word. The methods research is action class research using design kemmis and taggart which in each cycle consist of 3 stages, that is planning, action with observing, and reflection. This research have been implemented in two cycle and each cycle consist of 6 meetings. Accumulation data done by using instrument test and sheet observation. The result showed that this research has increased, reflecting the increase ranging from precycle, the first cycle, and the second cycle as well as the learning process students were active and enthusiastic enough to use the media flanelgraph. The conclusion of this research is the use of medi flanelgraph can improve early reading ability to student with middle-intellectual disability class III at SLB Negeri 2 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tri Sediyani, M.Pd. 2). Dra. Trisna Mulyeni, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:16
Last Modified: 06 Apr 2022 03:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25869

Actions (login required)

View Item View Item