Nur Septiani, . (2015) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODE PENELITIAN HISTORIS DALAM PENULISAN SKRIPSI: Studi Survei di Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRACT.pdf Download (6kB) |
|
Text
BAB I. II, III, IV dan V.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
SURAT PENGESAHAN dll.pdf Download (289kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (151kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai Persepsi Mahasiswa tentang Metode Penelitian Historis dalam Penulisan Skripsi di Program Studi Pendidikan Sejarah. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Sejarah, FIS UNJ yang beralamat di Jalan Rawamangun Muka, Jakarta Timur. Waktu penelitian dilakukan selama enam mulai dari bulan Mei sampai Oktober 2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2010, 2011 dan 2012 yang sedang mengambil matakuliah seminar proposal dan skripsi di semester 103 yang berjumlah 136 mahasiswa, dengan populasi terjangkau 100 mahasiswa yang tidak meggunakan metode penelitian historis dalam penulisan skripsi. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Purposive Sampling (gabungan sampling kelompok bertujuan) dengan penetapan 50% dari jumlah mahasiswa yang tidak menggunakan metode penelitian historis sehingga diperoleh 50 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner (angket) yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tabel frekuensi dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang metode penelitian historis adalah penelitian yang dilakukan untuk merekonstruksi masa lalu (peristiwa sejarah) baik melalui studi kepustakaan maupun wawancara dengan pelaku sejarah. Sebanyak 72% mahasiswa mempersepsikan bahwa penggunaan metode penelitian historis dalam penulisan skripsi membutuhkan waktu yang cukup lama, karena proses pencarian data yang tidak mudah dan membutuhkan analisis yang tinggi dalam menginterpretasikan data. Adapun faktor yang menjadikan mahasiswa tidak memilih metode penelitian historis dalam penulisan skripsi, karena 70% mahasiswa ingin lulus dengan cepat. Selain itu, 82% mahasiswa menyatakan bahwa pengumpulan data dan pengolahan data dalam penelitian historis lebih sulit dibandingkan dengan penelitian non historis. Sehingga mahasiswa lebih menyukai topik penelitian yang terinspirasi dari pengalaman praktik mengajar maupun melihat permasalahan yang ada disekitar. Menurut mahasiswa, topik penelitian tersebut lebih mudah dipahami dan lebih mudah dalam memperoleh data.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Djunaidi, M.Hum, ; 2). Drs. R Wisnubroto, M.Hum, |
Subjects: | Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 12:25 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 12:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2600 |
Actions (login required)
View Item |