HUBUNGAN KERJA SAMPINGAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR (Studi pada Mahasiswa Driver Ojek Online di Universitas Negeri Jakarta)

IRMA LUTFIANA, . (2017) HUBUNGAN KERJA SAMPINGAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR (Studi pada Mahasiswa Driver Ojek Online di Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Irma Lutfiana (4915131378).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan berdasarkan bukti data empiris atau fakta yang sesungguhnya (valid), benar dan dapat dipercaya (reliabel) tentang adanya hubungan kerja sampingan sebagai driver ojek online mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dengan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan insidental sampling. Hasil penelitian ini memiliki persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 45,30 + 0,340 X. Koefisien korelasi Pearson product moment diperoleh sebesar rxy = 0,309, yang artinya ada hubungan positif antara variabel bebas (kerja sampingan) dengan variabel terikat (motivasi belajar). Berdasarkan perhitungan signifikansi koefisien korelasi atau uji-t diperoleh thitung (2,252) > ttabel (1,676), sehingga menunjukkan adanya hubungan kerja sampingan dengan motivasi belajar senilai koefisien korelasi yaitu 0,095 dengan koefisien determinasi sebesar 9,5%. This study aims to obtain knowledge based on evidence of empirical data or facts that are true (valid), true and reliable (reliabel) about a side work relationship as an online motorcycle driver student of the State University of Jakarta with the motivation to learn. This research uses quantitative method. The sampling technique is done by incidental sampling. The result of this research have simple linear regression equation Ŷ = 45,30 + 0,340 X. Pearson product moment correlation coefficient is obtained by rxy = 0,309, which means there is positive relation between independent variable (side work) with dependent variable (learning motivation). Based on the calculation of correlation coefficient significance or t-test obtained thitung (2.252)> ttable (1.676), thus indicating a side work relationship with learning motivation worth of correlation coefficient is 0.095 with coefficient of determination of 9.5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Dian Alfia Purwandari, S.E, M.Si. 2) Sujarwo, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:59
Last Modified: 11 Apr 2022 02:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26262

Actions (login required)

View Item View Item