PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI LOMBOK TIMUR (Penelitian Deskriptif Pada SD Negeri 1 Selong Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur)

LUHUR BUDI HERMAWAN, . (2017) PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI LOMBOK TIMUR (Penelitian Deskriptif Pada SD Negeri 1 Selong Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
04. Lembar SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (558kB)
[img] Text
05. Lembar KATA PENGANTAR.pdf

Download (142kB)
[img] Text
01. Lembar JUDUL.pdf

Download (109kB)
[img] Text
02. Lembar PENGESAHAN .pdf

Download (612kB)
[img] Text
03. Lembar ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
06. Lembar DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
07. BAB. I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
10. BAB. IV.pdf

Download (346kB)
[img] Text
11. BAB. V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
09. BAB. III.pdf

Download (122kB)
[img] Text
08. BAB. II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
20. Lampiran 8 Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika pada sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur yaitu kelas V SD Negeri 1 Selong. Sampel dalam penelitian ini meliputi guru kelas V dan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) SD Negeri 1 Selong, guru pembimbing khusus dan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif model fonemologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi untuk keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran guru menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sama dengan kelas reguler akan tetapi guru pembimbing khusus memodifikasi indikator sesuai dengan kebutuhan PDBK, dalam pelaksanaan pembelajaran guru reguler didampingi oleh guru pembimbing khusus untuk mengajar PDBK sedangkan evaluasi pembelajaran di SD Negeri 1 Selong, guru kelas dan guru pembimbing khusus melakukan penyesuaian tingkat kesulitan bahan dan penggunaan bahasa dalam butir soal ulangan, tes, atau tugas lainnya. This research describes the process of learning mathematics elementary school in the District of inclusive education, in class V SD Negeri 1 Selong, Selong East Lombok. Sample of research include fifth grade class teacher and students with special need (PDBK) in SD Negeri 1 Selong, private teacher and headmaster. This research used a qualitative approach with descriptive methods fonemologi models. Data collection method using observation, interviews, and documentation. This research uses the technique of triangulation of data collection for the validity of the data. The research results show that in planning learning the teacher use implementation plan learning (RPP) equal with regular classes but the private teacher modify indicators in accordance with the needs of PDBK, In the implementation of learning regular teachers accompanied by private teachers to teach PDBK while the evaluation learning in SD Negeri 1 Selong classroom teachers and private teacher to adjust the difficulty level of the material and the use of language in point of deuteronomy questions, test, or other tasks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marja. M. Pd. 2). M. Arief Taboer. M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 05:34
Last Modified: 11 Apr 2022 05:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26313

Actions (login required)

View Item View Item