PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MATERI STRUKTUR, JENJANG, SERTA MACAM-MACAM PERGURUAN TINGGI (Penelitian dan Pengembangan Media Pada Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 79 Jakarta)

MEGA SEPTRYA, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MATERI STRUKTUR, JENJANG, SERTA MACAM-MACAM PERGURUAN TINGGI (Penelitian dan Pengembangan Media Pada Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 79 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. LEMBAR SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (911kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (138kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (925kB)
[img] Text
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA & INGGRIS.pdf

Download (403kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (235kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (413kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (0B)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (463kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (656kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
6. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan permasalahan utama, yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap materi struktur, jenjang, serta macam-macam perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media bimbingan bagi peserta didik kelas XII SMA Negeri 79 Jakarta yang diharapkan dapat membantu peserta didik untuk lebih memahami bagaimana struktur, jenjang serta macam-macam perguruan tinggi, sehingga peserta didik tidak mengalami kesulitan ketika ingin menentukan pilihan di pendidikan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R & D) dengan melalui 5 dari 10 tahapan penelitian yang dikemukakan oleh Sugiyono. Peneliti melakukan pungumpulan data analisis kebutuhan dengan beberapa teknik, yaitu wawancara dan kuesioner. Uji Validasi dilakukan oleh 1 validator, yaitu ahli media. Dengan demikian, simpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa media bimbingan berbasis sparkol videoscribe dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling sebagai salah satu acuan dalam memberikan layanan bimbingan klasikal kepada peserta didik. This research was conducted with the main issue, namely the lack of students understanding about structure, levels, and assorted colleges. The purpose of this research is to develop media for grade XII (final year) at SMA Negeri 79 Jakarta to help students to have better understanding about the structure, level and variety of universities, so that students don’t have difficult experiences when they want to make a decision in higher education. The method that used in this research is Research and Development (R & D) through 5 of 10 stages of research suggested by Sugiyono. Researchers conducted the data collection with several techniques, ie interviews and questionnaires. The validation test in this study conducted by one validator, which is media expert. Thus, the conclusion from this research is that media based sparkol videoscribe can be used by school counselor in providing guidance service at the school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd. 2). Sjenny Anggraeni Indrawati, Ed. D.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:08
Last Modified: 13 Apr 2022 02:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26408

Actions (login required)

View Item View Item