ANALISIS KEMACETAN ARUS LALU LINTAS DI JALAN TEUKU UMAR, KECAMATAN KARAWACI, KOTA TANGERANG.

MUHAMMAD SALMAN AL FARISI, . (2016) ANALISIS KEMACETAN ARUS LALU LINTAS DI JALAN TEUKU UMAR, KECAMATAN KARAWACI, KOTA TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MUHAMMAD SALMAN ALFARISI - 4315120287.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemacetan arus lalu lintas pada jam sibuk yang terjadi di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang dan kemudian membuat rekayasa lalu lintas guna mengatasi kemacetan yang terjadi di Jalan Teuku Umar tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Jalan Teuku Umar Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang pada bulan September 2016 hingga Desember 2016, pada pukul 07.00 hingga 09.00 WIB dan pada pukul 16.00 hingga 18.00 di hari kerja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jalan raya yang berada di Kecamatan Karawaci. Sampel dari penelitian ini ialah Jalan Teuku Umar, Jalan Imam Bonjol, Jalan Baru, Jalan M. H. Thamrin, dan Jalan Proklamasi Kemerdekaan VI pada pada pukul 07.00 hingga 09.00 WIB dan pada pukul 16.00 hingga 18.00 WIB di hari kerja. Besaran dari nilai volume lalu lintas dan kapasitas jalan akan di analisis secara deskriptif untuk mengetahui seberapa besar rata- rata kepadatan dan tingkat kemacetan yang terjadi di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Untuk mengetahui volume kendaraan yang memasuki Jalan Teuku Umar maka ditentukan 8 titik sampel pengambilan data jumlah kendaraan dalam satu minggu pada kondisi hari kerja. Setelah diketahui volume kendaraan yang terdapat pada kedelapan jalan tersebut setiap harinya dalam satu minggu maka dengan begitu akan dapat diketahui rata-rata tingkat kemacetan dalam seminggu dan data puncak kemacetan harian dari lokasi penelitian tersebut. Pada pagi hari tingkat kemacetan Jalan Teuku Umar yang menuju ke arah Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Proklamasi Kemerdekaan VI rata - rata dalam satu minggu yaitu E pada angka 0,95 dengan volume kendaraan sebesar 2.974,83 SMP/jam. Kendaraan didominasi oleh kendaraan pribadi seperti mobil dan motor dari arah Jalan Imam Bonjol dan Jalan Teuku Umar itu sendiri yang menuju ke arah Jalan Jenderal Sudirman maupun Jalan Proklamasi Kemerdekaan VI. Pada sore hari tingkat kemacetan Jalan Teuku Umar yang menuju ke arah Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Proklamasi Kemerdekaan VI rata - rata dalam satu minggu yaitu E pada angka 0,94 dengan volume kendaraan sebesar 2.950,59 SMP/jam. Kendaraan didominasi oleh kendaraan pribadi seperti mobil dan motor dari arah Jalan Imam Bonjol dan Jalan Teuku Umar itu sendiri yang menuju ke arah Jalan Jenderal Sudirman maupun Jalan Proklamasi Kemerdekaan VI. This research aims to know the level of traffic congestion during rush hour that occurs on the streets of Teuku Umar, Karawaci, Tangerang and then create a traffic engineering to overcome bottlenecks that occur in the streets of Teuku Umar. This research was carried out on the streets of Teuku Umar, Karawaci, Tangerang in September through December 2016, 2016 at 07.00 am to 09.00 am GMT and at 16.00 pm to 18.00 pm GMT on weekdays. Research methods used in this research is descriptive method with the approach of the survey. The population in this research is the entire highway is in Karawaci. The sample of this research is Teuku Umar street, Imam Bonjol street, Baru street, M. H. Thamrin street, and Proklamasi Kemerdekaan VI street at 07.00 am to 09.00 am GMT and at 16.00 to 18.00 pm GMT on weekdays. The magnitude of the value of the volume of traffic and road capacity will be on analysis in descriptive to know how big the average density and the level of congestion that occurred in Teuku Umar street, Karawaci, Tangerang. To find out the volume of vehicles entering Teuku Umar street then determined 8 sample point data capture the number of vehicles in one week on the conditions of the weekday. After the known volume of vehicles on the road every day eighth in one week then so will be known to the average level of congestion in a week and a daily bottleneck peak data from the research site. On the morning of the level of congestion of the road leading to Teuku Umar street to Jenderal Sudirman street and jalan Proklamasi Kemerdekaan VI street average in one week is E on numbers of vehicles by volume 0.95 or 2,974.83 SMP/hour. The vehicle is dominated by private vehicles such as cars and motorcycles from the direction of the path of Imam Bonjol street and Teuku Umar street itself that is heading toward the street or Jenderal Sudirman street to Proklmasi Kemerdekaan VI street. In the afternoon the level of congestion of the road leading in Teuku Umar street to Jenderal Sudirman street and Proklamasi Kemerdekaan VI street average in one week is E on numbers of vehicles by volume 0.94 or 2,950.59 SMP/hour. The vehicle is dominated by private vehicles such as cars and motorcycles from the direction of the path of Imam Bonjol street and Teuku Umar street itself that is heading toward the street or Jenderal Sudirman and Prokmasi Kemerdekaan VI street.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Sucahyanto M.Si 2) Drs. Suhardjo, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:12
Last Modified: 14 Apr 2022 02:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26538

Actions (login required)

View Item View Item