PENGARUH PENDEKATAN ETNOSAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI JAMUR PESERTA DIDIK SMA KELAS 10

BERNADETA ASIH WURI DAMAYANTI, . (2019) PENGARUH PENDEKATAN ETNOSAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI JAMUR PESERTA DIDIK SMA KELAS 10. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (194kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
11.a. BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
11.b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
11.c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
11.d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
11.e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (768kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (900kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan etnosains dan kemampuan berpikir kritis terhadap pembelajaran materi Jamur. Pendekatan etnosains merupakan strategi penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintegrasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran. Dalam pembelajaran berpendekatan etnosains peserta didik juga akan diukur kemampuan berpikir kritisnya karena setiap peserta didik secara terorganisir akan melihat dan memecahkan masalah yang ada dengan menghubungkan segala aspek untuk mengevaluasi kemungkinan yang ada. Kemampuan ini akan meningkatkan pemahaman yang mendalam, menciptakan pembelajaran yang bermakna dan berujung pada hasil belajar yang meningkat. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan design penelitian 2 x 2. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar materi Jamur dan tes berpikir kritis. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas 10 sebanyak 25 siswa pada setiap kelas perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan data berdistribusi normal pada setiap eksperimen dan homogen pada setiap kelompok sebesar 0.393. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) pendekatan pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,033 2) kemampuan berpikir kritis tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,617 dan 3) pendekatan pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis tidak memiliki interaksi yang signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,877.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Diana Vivanti, M.Si ; 2). Dr. Rusdi, M.Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:30
Last Modified: 14 Apr 2022 05:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26642

Actions (login required)

View Item View Item