MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENGGAMBAR HIAS PADA PEMBELAJARAN SBK MELALUI METODE EKSPRESI BEBAS DI KELAS V SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR

NAWARNI, . (2017) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENGGAMBAR HIAS PADA PEMBELAJARAN SBK MELALUI METODE EKSPRESI BEBAS DI KELAS V SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (403kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PANITIA SIDANG.pdf

Download (36kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran SBK kelas V melalui metode ekspresi Bebas di SDN Rawamangun 09 Pagi jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif model penelitian terdiri dari tiga tahap dalam satu siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November-Desember 2016. Teknik pengumpulan data dalam penenlitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan hasil karya kreativitas siswa. Data yang diperoleh, dianalisis dengan cara menghitung persentase pertemuan ke tiga pada siklus I dan siklus II serta rata-rata dari tiap siklus untuk data tindakan kreativitas siswa dalam menggambar hias. Persentase tersebut untuk menunjukan pencapaian target yang telah ditentukan, yaitu lebih dari 80% dari jumlah seluruh siswa sudah meningkat kreativitasnya dengan menggunakan metode ekspresi bebas. The aim of this research was to improve the creativity of students in drawing ornamental in learning the art of culture and skills thorugh expression method in Fifth Graders of Rawamangun 09 Morning Elementary School in East Jakarta . This research applied qualitative method with action research lasted from December until November. The collection of data in this research was done using documentation, observation and the students’ work. The data obtained in the analysis was done by calculating the percentage in the third meeting in the first cycle and and the second one. Besides, the writer calculated the average in each cycle for the creativity of students in ornamental drawing. The percentage is to shown the achievement of targets that heve been determined, that achieved above 80% of all students. This showed that the students’ creativity increased using the method of expression.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Olga D Pandeirot, M.Pd. 2). Drs. Juhanna Sakmal, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:47
Last Modified: 14 Apr 2022 05:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26665

Actions (login required)

View Item View Item