UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII-B DI SMP NEGERI 232 JAKARTA

CHRISTINE ELLIANA VERONICA, . (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII-B DI SMP NEGERI 232 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (13kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (11kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (317kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (108kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (115kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB)
[img] Text
11a. BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
11b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
11c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
11d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII-B di SMP Negeri 232 Jakarta pada materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Indikator kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang digunakan pada peneltian ini yaitu menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidak persyaratan untuk membentuk konsep tersebut, menerapkan konsep secara algoritma, menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematika, dan mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap analisis, dan tahap refleksi. Terdapat enam subjek penelitian dalam penelitian ini. Keenam subjek penelitian terdiri dari dua orang peserta didik yang berkemampuan akademis tinggi, dua orang peserta didik yang berkemampuan akademis sedang, dan dua orang peserta didik yang berkemampuan akademis tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan wawancara. Data tersebut kemudian akan dianalisis secara deskripsi dengan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII-B di SMP Negeri 232 Jakarta pada materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep ini terbukti dari hasil tes kemampuan pemahaman konsep pada setiap akhir siklus. Rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII-B di SMP Negeri 232 pada siklus I sebesar 64,04 pada siklus II sebesar 68,16, dan pada siklus III sebesar 76,84. Selain itu, persentase peserta didik yang memperoleh nilai dengan kategori baik atau lebih meningkat pada setiap akhir siklusnya. Pada siklus I sebesar 37,5%, siklus II sebesar 62,5%, dan siklus III sebesar 81,25%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Swida Purwanto, M.Pd. ; 2). Siti Rohmah Rohimah, S.Pd., M.Si.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:56
Last Modified: 14 Apr 2022 05:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26667

Actions (login required)

View Item View Item