IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 44 JAKARTA

ADWI RINANTO, . (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 44 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
C. SIAP SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
A. cover fix.pdf

Download (62kB)
[img] Text
B. abstrak dkkk.pdf

Download (181kB)

Abstract

Kurikulum merupakan suatu rancangan yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan segala kegiatan pembelajaran di sekolah.Perubahan kurikulum yang dilakukan pemerintah dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menjadi Kurikulum 2013 dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan yang dibutuhkan di masa depan. Implementasi kurikulum 2013 telah dilaksanakan dibanyak sekolah salah satunya di SMAN 44 Jakarta.Guru yang mengajar menerapkan kurikulum 2013 termasuk dalam mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan apa yang dilihat dalam praktik di sekolah, kemudian menganalisis apa yang telah dilaksanakan di sekolah telah sesuai dengan yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi serta informan berjumlah sepuluh orang yaitu kepala sekolah dan wakasek kurikulum, 2 orang guru dan 6 orang murid. Temuan data yang penulis peroleh memperlihatkan bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran sosiologi di SMAN 44 Jakarta belum berjalan optimal.Selain itu juga terdapat beberapa kendala dalam proses implementasinya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kurikulum 2013 yang telah diterapkan di kembangkan dengan berdasarkan pada elemen kurikulum yang baik di mana kurikulum tersebut telah berorientasi pada tujuan, berkesesuaian, berkesinambungan, seimbang dan terpadu. Namun pada praktek implementasi kurikulum 2013 yang telah diterapkan guru dengan melaksanakan 5M dalam pembelajaran belum berjalan optimal.Kemampuan guru yang belum optimal dipengaruhi faktor lain yaitu gaya kepemimpinan, karakteristik kepribadian pengikut dan juga lingkungan. Kepala sekolah memimpin dengan gaya membebaskan dengan pengawasan yang kurang maksimal terlihat dari supervisi yang belum dilakukan. Karakteristik guru telah baik dan menunjang. Sementara lain untuk faktor lingkungan interaksi antar guru tentang kurikulum 2013 telah baik namun masih terbatas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Ciek Julyati Hisyam, MM, M.Si. ; 2). Dr. Robertus Robet, MA.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:41
Last Modified: 19 Apr 2022 03:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26746

Actions (login required)

View Item View Item