DARI INSTITUT KE UNIVERSITAS: DINAMIKA SOSIAL KONVERSI IKIP JAKARTA MENJADI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ANGGAR SEPTIADI, . (2015) DARI INSTITUT KE UNIVERSITAS: DINAMIKA SOSIAL KONVERSI IKIP JAKARTA MENJADI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DARI INSTITUT KE UNIVERSITAS-BAB 1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DARI INSTITUT KE UNIVERSITAS-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
1.DARI INSTITUT KE UNIVERSITAS-COVER.pdf

Download (52kB)
[img] Text
3.DARI INSTITUT KE UNIVERSITAS-HALAMAN AWAL.pdf

Download (247kB)
[img] Text
2.DARI INSTITUT KE UNIVERSITAS-ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DARI INSTITUT KE UNIVERSITAS-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (581kB)
[img] Text
DARI INSTITUT KE UNIVERSITAS-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DARI INSTITUT KE UNIVERSITAS-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DARI INSTITUT KE UNIVERSITAS-BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
DARI INSTITUT KE UNIVERSITAS-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
DARI INSTITUT KE UNIVERSITAS-RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dinamika sosial yang terjadi atas terjadinya konversi IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini juga berusaha mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya konversi tersebut. Konversi IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta berdampak pada UNJ yang kini memiliki tujuan ganda ( multi mission institution) sebagai lembaga pendidikan tinggi umum, dan sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif analitis. Teknik yang dilakukan dalam pengambilan data adalah wawancara dan observasi partisipatif yang digunakan untuk memperluas wawasan penulis. Subyek penelitian terdiri dari informan kunci, dan informan pendukung. Informan kunci dalam penelitian ini adalah mantan Rektor IKIP Jakarta periode 1975-1980, mantan Pembantu Rektor Bidang Akademik IKIP Jakarta periode 1997-1999 dan UNJ periode 1999-2002, Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Prancis IKIP Jakarta 1974 yang kini menjadi dosen di Jurusan Bahasa dan Sastra Prancis, mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UNJ 2011 yang sedang mengikuti PKM. Sedangkan informan pendukung mahasiswa Jurusan Sejarah UNJ 2008 yang sedang melaksanakn PPG SM-3T. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan konfigurasi pendidikan keguruan yang dilakukan oleh UNJ sebagai LPTK pasca konversi, yang memiliki kecenderungan menciptakan reduksi posisi guru sebagai sarana pertukaran ilmu dan pengetahun di sekolah. Temuan penting dalam penelitian ini adalah hadirnya intervensi ekonomi yang sengit yang melandasi konversi IKIP Jakarta menjadi UNJ, dan IKIP-IKIP lainnya. hal ini dapat dilihat dari perumusan kebijakan pendidikan guru yang sarat anjuran dari Bank Dunia dengan pertimbangan efisiensi APBN pendidikan. Konsep deskilling teacher Apple melihat konteks ini memang terjadi untuk menyukseskan kondisi ekonomi politik kelompok dominan. Apple melihat reduksi peran guru menyaratkan adanya kontrol penuh dari kelompok dominan untuk mengontrol kondisi kerja guru termasuk rumusan jumlah guru. hal ini yang kemudian menjadi acuan penyusunan alokasi anggaran pendidikan yang di dalamnya termuat pengeluaran gaji guru dalam APBN.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robertus Robert, M. A. ; 2). Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:41
Last Modified: 19 Apr 2022 06:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26784

Actions (login required)

View Item View Item