ANGGRENI SRI AYU MENTARI PANJAITAN, . (2015) PERAN ORANGTUA DALAM PENYUSUNAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL BAGI PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME (Survei yang Dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Penyelenggara Pendidikan Inklusif di wilayah Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 4-5 FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
Text
Bab 2-3 FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
Text
bab 1 FIX.pdf Download (159kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf Download (88kB) |
|
Text
COVERR FIX.pdf Download (26kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan FIX.pdf Download (86kB) |
|
Text
Gabungan FIX.pdf Download (267kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orangtua dalam penyusunan dan pelaksanaan Program Pembelajaran Individual (PPI) bagi peserta didik dengan autisme di Sekolah Dasar Negeri penyelenggara pendidikan inklusif di wilayah Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 Sekolah Dasar Negeri penyelenggara pendidikan inklusif dan tingkat respon yang didapatkan sebesar 61,5%. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 9 orangtua berperan dalam perencanaan PPI, bentuk peran orangtua berupa memberikan masukan dan membawa hasil tes peserta didik. Pada tahap pelaksanaan PPI di sekolah, ada 7 orangtua yang aktif dan 6 orangtua aktif dalam pelaksanaan PPI di rumah. Peran orangtua dalam pelaksanaan berupa memberi masukan dan melaksanakan PPI di rumah. Pada tahap evaluasi, sebagian besar orangtua melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan PPI di rumah. Bentuk peran orangtua dalam evaluasi terhadap pelaksanaan PPI berupa protes dan meminta sekolah mencarikan guru bantu bagi peserta didik. Penyebab utama dari kurangnya partisipasi orangtua dalam semua kegiatan tersebut adalah karena orangtua sibuk bekerja. Oleh sebab itu, komunikasi antara pihak sekolah dan orangtua perlu ditingkatkan kembali. This research aims to know the parent’s involvement on Individualized Educational Program (IEP) for students with autism in Inclusive Public Elementary School in East Jakarta Region. The method used is survey. This research used purposive sampling. Sample in this research is 26 Inclusive Public Elementary Schools and the level of response in this research is 61.5%. The data collection techniques used open ended questionnaire. Analysis data techniques used simple statistic descriptive. The result shows there are 9 parents involved in the planning of IEP, the involvements are such as giving suggestions and bringing the result test of student. There are 7 parents involved actively in the implementation of IEP at the school and 6 parents involved in the implementation of IEP at home. The involvements of implementation of IEP are such as giving suggestion and doing the IEP at home. Majority, the parents involved actively in the evaluation of IEP at home. The involvements of evaluation of IEP are such as protesting and asking school to find teaching assistant for student. The main reason that hinders parents from participating in their children IEP is their business. Thus, the communication between school and parents should be developed
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Suprihatin, M.Ed. ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 03:21 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 06:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26814 |
Actions (login required)
View Item |