DEVELOPING SYLLABUS FOR PUBLIC SPEAKING COURSE IN MADRASAH ALIYAH AL ZAYTUN

DEWI UTAMI, . (2016) DEVELOPING SYLLABUS FOR PUBLIC SPEAKING COURSE IN MADRASAH ALIYAH AL ZAYTUN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1_cover terbaru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
2_PERSETUJUAN PERBAIKAN THESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
3_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
4_LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
5_ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text
6_ABSTRACT.pdf

Download (8kB)
[img] Text
7_Acknowledgment.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
8_TABLE OF CONTENT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
9_CHAPTER I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
10_CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
11_CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
12_CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
13_CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
14_References.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
23_BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
24_DECLARATION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)

Abstract

Kebijakan sekolah untuk memasukan pembelajaran berbicara di depan umum ke dalam kurikulum sekolah dapat menjadikan sebuah pendekatan untuk membantu siswa dalam mengembangkan bakat potensial mereka, meningkatkan rasa percaya diri mereka di depan publik dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Untuk itu, merancang sebuah silabus yang tepat guna adalah hal penting untuk dapat digunakan sebagai perangkat pengajaran dan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggambarkan proses pengajaran dan pembelajaran yang terjadi di dalam kegiatan pembelajaran berbicara di depan khalayak umum di dalam konteks sebuah sekolah islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan, sikap dan pengharapan para pembelajar serta pemegang saham baik orang tua, guru atau pemangku kebijakan sekolah. Studi kasus diterapkan dengan memfokuskan kepada analisa dokumen yang terkait untuk mencari tau kesenjangan antara pembelajaran yang diharapkan dengan perencanaan pembelajaraan yang diterapkan saat ini. Penelitian ini mengembangkan sebuah silabus melalui sebuah penyelidikan kebutuhan dan analisa dokumen yang ada pada sekolah saat itu. Kuesioner dan wawancara dilaksanakan untuk memeriksa kebutuhan siswa serta pemangku kebijakan di sekolah. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa terdapat kekurangan dalam metode para guru untuk membimbing siswa atas penguasaan tata bahasa, kemampuan untuk pengucapan kata, bimbingan pembuatan dan presentasi berpidato, pelatihan kegiatan mendengarkan serta kemampuan pemahaman bacaan. Maka keberadaan syllabus yang tepat sangat dibutuhkan oleh para guru untuk memenuhi harapan siswa. Penelitian ini mengajukan silabus yang mengadaptasi pada silabus yang dipakai saat ini di sekolah dimana dalam ajuan ini, silabus menghadirkan penggunaan fungsi bahasa dan tata bahasa untuk pembelajaran siswa-siswa di kelas pidato atau berbicara di depan umum. Silabus ini, dapat dikenal dengan silabus struktural fungsional. Penelitian ini telah menghasilkan pengembangan silabus yang menghadirkan penggunaan bahasa dan struktur bahasa di beberapa topik tentang tipe-tipe berbicara di depan umum yang berbeda.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Sri Sumarni, M.Pd. ; 2). Dr, Zuharty M.Si.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 11:06
Last Modified: 10 Jan 2020 11:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2688

Actions (login required)

View Item View Item