RASWAN MAULANA, . (2017) “PENERAPAN METODE TILAWATI DAN TAJWID WARNA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN “ (Penelitian Tindakan Kelas X IIS 2 SMA LABSCHOOL Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB III.pdf Download (279kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (927kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (658kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (565kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (198kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (279kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (205kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (246kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN, ABSTRAK, KT PENGANTAR.pdf Download (438kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode tilawati dan tajwid warna dalam meningkakan kemampuan membaca al-Quran siswa kelas X IIS 2 SMA LABSCHOOL Jakarta. Indikator bacaan al-Quran yang baik (tartil) menggunakan teori Ali bin Abi Thalib, Ibnu Abbas, dan Abu Ishaq. Dari tiga tokoh tersebut dapat disimpulkan bahwa seseorang dapat dikatakan telah membaca al-Quran dengan tartil apabila fasih dalam melafalkan huruf hijaiyah sesuai dengan makhroj dan sifatnya, menempatkan huruf sesuai dengan kaidah tajwid seperti mad, ghunnah, dan waqaf, serta tidak terbata-bata dalam membacanya. Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tahap penelitian ini mengikuti model Kurt Lewin yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Adapun penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan satu kali pertemuan disetiap siklusnya. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan metode tilawati dan tajwid warna dapat meningkatkan kemampuan membaca al- Quran siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari pengamatan terhadap siswa ketika membaca al-Quran selama proses pembelajaran membaca al-Quran berlangsung. Sebelum diterapkannya metode tilawati dan tajwid warna tingkat kemampuan siswa masih sangat rendah yaitu hanya 9 % dari 34 siswa yang sudah mampu membaca al-Quran. Dari tigas siklus yang telah diterapkan, dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam membaca al-Quran menglami peningkatan, pada siklus 1sebesar 35 %, pada siklus II sebesar 53 %, dan pada siklus III sebesar 82 % dari 34 siswa. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca al-Quran siswa selama tiga siklus mengalami peningkatan. The purpose this research is to describe the application of the tilawati and tajwid warna method wich aim at improving the student ability of reading al- Quran of class X IIS 2 at SMA LABSCHOOL Jakarta. Good Quranic reading indicator (tartil) uses the theory of Ali bin Abi Talib, Ibn Abbas, and Abu Ishaq. One of the three figures can be concluded that one can be said to have read the Quran with tartil when fluent in pronouncing hijaiyah letters in accordance with makhroj and its nature, placing letters in accordance with the rules of tajwid like mad, ghunnah, waqaf and not halting in reading . This research is a classroom action research that use qualitative descriptive approach. This research phase follows the model of Kurt Lewin in the form of a spiral cycle that includes planning, implementation, observation, and reflection. This study was conducted with three cycles with one meeting in each cycle. The result of this research that has been conducted shows that the application of the tilawati and tajwid warna method can improve the student ability of reading al-Quran. It can be known from the observation of the students when reading al-Quran during the learning process of reading the Qur'an takes place. Before the use of the method of tilawati and tajwid the color of the students' ability level is still very low, only 9% of 34 students have been able to read the Qur'an. From the three cycles that have been applied, it can be seen that students' ability in reading al-Quran is improve, in the first cycle of 35 %, in the second cycle of 53 %, and the third cycle was 82 % of 34 students. It can be concluded that the student ability of reading al-Quran for three cycles had increased.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Muslihin Amali, M.A, 2) Zulkifli Lubis, M.A, |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 05:44 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 05:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26887 |
Actions (login required)
View Item |