SYIFA KHAIRU NIDA, . (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI REAKSI REDUKSI-OKSIDASI DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (282kB) |
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (162kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar kimia berupa modul berwawasan lingkungan dengan menggunakan pendekatan problem based learning pada materi reaksi Reduksi Oksidasi kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi produk oleh ahli materi, bahasa, dan media, serta uji coba produk oleh peserta didik dan guru. Modul pembelajaran disusun dengan menerapkan langkahlangkah pendekatan problem based learning. Penyajian masalah dan rancangan kegiatan belajar disusun secara sistematis dengan tampilan yang menarik untuk menunjang minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil validasi oleh para ahli menunjukan hasil sangat baik dengan presentase penilaian >80%. Pada tahap akhir, hasil uji coba produk oleh peserta didik dan guru juga menunjukkan hasil yang sangat baik dengan presentase >85%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berwawasan lingkungan dengan pendekatan problem based learning yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk digunakan dalam poses pembelajaran kimia. This research aims to develop chemistry materials in the form of environmentally sound module by using problem based learning approaches on the reaction material of Oxidation Reduction class X. Research method used is research and development (Research and Development). Stages performed in this study, namely needs analysis, product development, product validation by material experts, language, and media, and product testing by learners and teachers. The learning module is prepared by applying the steps of problem based learning approach. Presentation of problems and the design of learning activities arranged systematically with an interesting appearance to support the interests of learners in the learning process. The results of validation by the experts showed very good results with the percentage of assessment >80%. In the final stages, the results of product trials by learners and teachers also showed excellent results with a percentage of >85%. Based on the results obtained can be concluded that environmentally oriented learning module with problem based learning approach developed very well and feasible to be used in chemistry learning post.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Agung Purwanto, M.Si 2) Prof. Dr. Erdawati, M.Sc. |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 06:04 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 06:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26906 |
Actions (login required)
View Item |