ANNISA KUSUMA WARDANI, . (2015) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP KIMIA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN CREATIVE EXERCISE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB II Kajian Teori.pdf Download (335kB) |
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (200kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (335kB) |
|
Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf Download (714kB) |
|
Text
BAB III Metodologi Penelitian.pdf Download (475kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB V Pembahasan.pdf Download (884kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (63kB) |
|
Text
Daftar riwayat hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (723kB) |
|
Text
Judul, Daftar (Isi, Gambar, Tabel, Lampiran).pdf Download (381kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (241kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa pada materi Asam Basa dengan Creative Exercise. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tambun Selatan pada kelas XI, dengan jumlah sebanyak 43 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen berupa Creative Exercise(CE) sebanyak tiga prompt. CE diberikan dengan cara bertahap setelah siswa mendapatkan materi Asam Basa, dan diberikan sebagai tugas di kelas dan tugas di rumah. Jumlah prompt yang dianalisis adalah dua yaitu tentang Asam Basa dan Titrasi Asam Basa Hasil menunjukan bahwa siswa menggunakan beberapa topik dalam menjawab Creative Exercise, di antaranya: Senyawa, Ikatan Kimia, Kesetimbangan Kimia, Asam Basa dan Stokiometri Larutan. Topik yang paling banyak digunakan adalah Asam Basa (prompt 1: 23% dan prompt 2: 37%) dan Stokiometri Larutan (prompt 1: 27% dan prompt 2: 50%). Rata-rata persentase siswa menjawab benar dan salah dalam topik Asam Basa berturut-turut adalah 91,96% dan 67.85%, sedangkan dalam topik Stokiometri larutan secara berturut-turut adalah 100% dan 48.68%). Hal ini menunjukan bahwa beberapa siswa dapat membuat jawaban salah dan jawaban benar untuk satu topik yang sama. Creative Exercise memberikan wadah bagi siswa untuk menjelaskan dengan bebas pemahaman mereka terhadap suatu konsep. Penggunaannya dalam kelas bermanfaat untuk guru sebagai bahan refleksi dan informasi mengenai pemahaman seperti apa yang siswa miliki setelah menerima suatu materi, karena tidak semua siswa memahami hal dengan cara yang sama. Sifat Creative Exercise yang open-ended membantu siswa untuk melihat suatu permasalahan dari konteks yang lebih luas, hal ini terlihat dari jawaban-jawaban siswa yang dapat mengkaitkan antar materi yang telah dipelajarinya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 04:00 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 04:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27012 |
Actions (login required)
View Item |