PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN (Studi Analisis Deskriptif Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta)

DADAN APRIYANTO, . (2015) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN (Studi Analisis Deskriptif Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_DADAN APRIYANTO_5415107541.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran dosen didalam kelas pada 15 Mata Kuliah Bidang Keahlian dan Penunjang (MKBKP) di program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, jurusan Teknik Sipil, fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta dengan indikator persepsi perencanaan pembelajaran, persepsi pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan persepsi evaluasi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan skala likert 1-4. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2012, 2013, dan 2014 semester 101/ganjil tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah sampel yang ditentukan dalam penelitian ini adalah 149 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik prorposional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner untuk menjaring data persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran dosen dikelas. Hasil penelitian masalah persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa sudah berjalan dengan baik pada 15 MKBKP, namun masih terdapat yang belum melaksanakan yaitu pada sub indikator melakukan penilaian selama proses perkuliahan, membangun kejujuran, membuat rangkuman/kesimpulan diakhir perkuliahan, melaksanakan sesuai jadwal, memberikan kegiatan tindak lanjut/remedi, dan menginformasikan hasil tes sesuai jadwal. Sedangkan pada indikator persepsi perencanaan pembelajaran (nilai rata-rata = 64%), pelaksanaan pembelajaran (nilai rata-rata = 82%), dan evaluasi pembelajaran (nilai rata-rata = 76%). *This study aims to determine students' perceptions of lecturers’ instruction in the classroom on 15 expertise and support courses (MKBKP) in S1 Building Engineering Education study program, Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, State University of Jakarta with the instructional planning perception indicator, perception of learning activities implementation , and perception of the learning process evaluation. This study uses survey method with Likert scale 1-4. The population in this study was S1 students of Building Engineering Education batch 2012, 2013, and 2014 semester 101 / odd academic year 2014/2015 with the number of samples specified in this study was 149 students. Sampling in this study used proporsional random sampling. The instrument used was a questionnaire to collect data on the students’ perceptions of lecturers’ instructional in class. The results of the research on students' perceptions of instructional showed that instruction had run well on 15 MKBKP, but still there were some aspects which had not been implemented yet, namely the sub-indicators to assess during the lecture, building honesty, writing a summary / conclusion at the end of the lecture, implementing on schedule, providing follow-up activities / remedies, and informing the test results in accordance with the schedule. While the instructional planning perception indicator (average value = 64%), the perception of learning activities implementation (average value = 82%), and the perception of the learning process evaluation (average value = 76%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Tuti Iriani, M.Si ; 2). Drs. Santoso Sri Handoyo, MT
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Sipil
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:51
Last Modified: 22 Apr 2022 02:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27014

Actions (login required)

View Item View Item