RIRI AGUSTIN, . (2017) PENINGKATAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN BENDUNGAN HILIR 01 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (139kB) |
||
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (149kB) |
||
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (18kB) |
||
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (9kB) |
||
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (140kB) |
||
Text
9. BAB II.pdf Download (365kB) |
||
Text
10. BAB III.pdf Download (319kB) |
||
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
||
Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (84kB) |
||
Text
8. BAB I.pdf Download (168kB) |
||
Text
14. DAFTAR TABEL.pdf Download (84kB) |
||
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (94kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Download (954kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Download (94kB) |
||
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
||
Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (553kB) |
||
|
Image
IMG-20170301-WA0001.jpg Download (118kB) | Preview |
|
Text
P_20170302_110319.jpg Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika melalui pendekatan pembelajaran kontekstual pada peserta didik kelas III SDN Bendungan Hilir 01 Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Bendungan Hilir 01 Jakarta Pusat yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan McTaggart. Prosedur penelitian merupakan sebuah siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I hasil tes tertulis peserta didik memperoleh persentase 55,17 % sedangkan hasil pemantau tindakan guru mencapai 85,70 % dan pemantau tindakan peserta didik mencapai 71,40 %. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil tes tertulis peserta didik mencapai 82,75 % kemudian pemantau tindakan guru mencapai 92,80 % dan pemantau tindakan peserta didik mencapai 85,70 %. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika pada peserta didik kelas III SDN Bendungan Hilir 01 Jakarta Pusat. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui kebutuhan dan kemampuan peserta didik agar dapat merancang pembelajaran yang bervariasi menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual. This research aims to improve logical mathematical intelligence through contextual learning approach on student of class III SDN Bendungan Hilir 01 Central Jakarta .The subject of this research is students of class III SDN Bendungan Hilir 01 Central Jakarta which totaled 29 people. This research using Kemmis and McTaggart model’s. Research procedure constitutes a cycle consisting of planning , the implementation of the , observation and reflection.On the cycle I the results of written tests students obtaining the percentage 55,17 % the results the act of monitoring teachers reach 85,70 % and the results of the act of monitoring students reach 71,40 %. While in the cycle II been an increase in the results of written test reached 82,75 % then the act of monitoring teachers reach 92,80 % and the act of monitoring students reach 85,70 %. These results show that contextual learning approach can improve logical mathematical intelligence on students in class III SDN Bendungan Hilir 01 Central Jakarta. Because of that, the teacher need to know what the students needs and their ability to design the learning process use contextual learning approach.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Julius Sagita, M.Pd. 2). Drs. Adi Putra, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 04:02 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 04:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27203 |
Actions (login required)
View Item |