MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG TANAH AIR MELALUI PERMAINAN WAYANG NUSANTARA (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok B di TK Islam At-Taqwa, Jakarta Timur)

RIZKA SAFITRI, . (2017) MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG TANAH AIR MELALUI PERMAINAN WAYANG NUSANTARA (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok B di TK Islam At-Taqwa, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3 - LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
5 - KATA PENGANTAR.pdf

Download (7kB)
[img] Text
1 - COVER SKRIPSI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
4 - ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
2 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text
10 - BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9 - BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
6 - DAFTAR ISI-TABEL-GAMBAR-BAGAN-GRAFIK-LAMPIRAN.pdf

Download (43kB)
[img] Text
7 - BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
8 - BAB II.pdf

Download (381kB)
[img] Text
14 - DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (201kB)
[img] Text
11 - BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
13 - DATA LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang tanah air pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam At-Taqwa, Rawamangun, Jakarta Timur melalui permainan wayang nusantara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2017. Subjek penelitian anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 10 orang di kelompok B3, TK Islam AT-Taqwa, Rawamangun, Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan persentase pada siklus 1 sebesar 80% dan pada siklus 2 mencapai 91%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa melalui permainan wayang nusantara dapat meningkatkan pengetahuan tentang tanah air pada anak usia 5-6 tahun meliputi aspek mengetahui, memahami dan menerapkan hal yang telah dipelajari terkait simbol negara indonesia. Hal ini berarti dari pra penelitian sampai siklus 2 memiliki kenaikan persentase 37%. Secara analisis kualitatif juga dapat dibuktikan bahwa permainan wayang nusantara dapat meningkatkan pengetahuan tentang tanah air pada anak. Hal ini dapat dilihat dari hasil reduksi data, display data dan kesimpulan/verifikasi yang dijabarkan per aspek pengetahuan tentang tanah air pada anak yakni mengetahui, memahami, dan menerapkan hal yang telah dipelajari terkait simbol negara indonesia. Berdasarkan keberhasilan persentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti bahwa permainan wayang nusantara dapat meningkatkan pengetahuan anak tentang tanah airnya. This study aims to improve knowledge about homeland in children aged 5-6 years in TK Islam At-Taqwa, Rawamangun, East Jakarta through the game wayang nusantara. This research was conducted in May to June 2017. Research subjects children aged 5-6 years, 10 children in the B3 group, TK Islam At-Taqwa, Rawamangun, East Jakarta. The method used is classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation and reflection. Data was collected by observation, documentation and interview. The result of research showed that the percentage gain in cycle 1 was 80% and in cycle 2 reached 91%. These results show that through the game wayang nusantara can increase knowledge about the homeland in children aged 5-6 years include the aspects of knowing, understanding and applying the things that have been learned related to the symbol of the country of Indonesia. This means from pre-research to cycle 2 has a 37% percentage increase. In qualitative analysis can also be proven that game wayang nusantara can increase knowledge about homeland in child. It can be seen from the results of data reduction, data display and conclusion / verification described by aspects of knowledge about the homeland in the children know, understand, and apply the lessons learned related to the symbol of Indonesia. Based on the success of the percentage that has been obtained, the hypothesis of action in this study proved that the game wayang nusantara can increase the knowledge of children about their homeland.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sofia Hartati, M.Si. 2). Dr. Nurjannah, S.P. M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:27
Last Modified: 20 Apr 2022 06:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27258

Actions (login required)

View Item View Item