Pola Interaksi Guru-Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS (Studi Kualitatif Siswa Kelas VII SMPN 45 Jakarta Barat)

SITI ROCHMAH RIANTI, . (2017) Pola Interaksi Guru-Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS (Studi Kualitatif Siswa Kelas VII SMPN 45 Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI RIANTI OK.pdf

Download (595kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI RIANTI OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI S.R. RIANTI.pdf

Download (245kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan pendekatan saintifik dikelas VII SMP Negeri 45 Jakarta Barat, (2) mengetahui kendala serta solusi belajar dari pola interaksi guru dan siswa kelas VII melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 45 Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 45 Jakarta Barat selama kurang lebih dua bulan dari Maret sampai Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi, kajian pustaka dan catatan lapangan. Sumber data pada penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu informan kunci ialah wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMP Negeri 45 Jakarta Barat, sedangkan informan inti ialah guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII, siswa dan siswi kelas VII SMP Negeri 45 Jakarta Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola interaksi guru dan siswa yang digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII SMP Negeri 45 Jakarta Barat lebih dominan pola multi arah. Proses pembelajaran saintifik di kelas VII SMP Negeri 45 Jakarta Barat menggunakan variasi metode pembelajaran yang masih belum bervariasi, belum pernah tugas pengamatan diluar lingkungan sekolah. (2) Kendala dari pola interaksi guru-siswa melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII SMP Negeri 45 Jakarta Barat adalah dalam hal pengelolaan waktu dan penilaian untuk guru. Sedangkan dari siswa dalam mempelajari materi tertentu seperti sejarah menghafal, dan berhubungan dengan peta. Solusi dari kendala guru adalah dengan meningkatkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan berbagi informasi dengan guru-guru lainnya. Sedangkan untuk siswa solusinya adalah dengan fasilitas internet sekolah diperbolehkan mencari sumber belajar selain buku pegangan siswa. This research aims to: (1) determine the interaction of teacher and student in learning social studies with a scientific approach in class VII SMP Negeri 45 West Jakarta, (2) knowing the constraints and solutions to learn from the pattern of interaction of teacher and student of class VII through a scientific approach to learning social studies in SMP Negeri 45 West Jakarta. This research was conducted in SMP Negeri 45 West Jakarta for approximately two months from March to May 2016. The method used is a qualitative approach to data collection through interview, observation, documentation, literature review and field notes. Sources of data in this study is divided into two key informants was deputy principal curriculum areas SMP Negeri 45 West Jakarta, while the core informant is class VII social studies teacher, male and female students of class VII SMP Negeri 45 West Jakarta. The results showed that: (1) teacher and student interaction patterns used in learning social studies class VII SMP Negeri 45 West Jakarta more dominant multi directional pattern. The process of scientific learning in class VII SMP Negeri 45 West Jakarta using a variety of learning methods are still varied, yet never outside the school environment observation task, (2) constraints of the pattern of teacher-student interaction through a scientific approach in teaching social studies class VII SMP Negeri 45 West Jakarta is in terms of time management and assessment for teachers. While the students in the study of specific subjects such history memorization, and associated with a map. The solution of the problems of teachers is to improve MGMP and sharing with other teachers. While the solution is for students with school wifi facility allowed to seek learning resources other than the student handbook.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Budiaman, M.Si 2) Sujarwo, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:39
Last Modified: 21 Apr 2022 01:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27313

Actions (login required)

View Item View Item