Papan Matematika Sebagai Media Dalam Pembelajaran Kemampuan Berhitung

SRI SUCI DAMAYANTI, . (2017) Papan Matematika Sebagai Media Dalam Pembelajaran Kemampuan Berhitung. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (854kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (99kB)
[img] Text
JUDUL.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Surat Pernyataan KEaslian.pdf

Download (678kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.Na.pdf

Download (162kB)

Abstract

Tujuan penulisan adalah mengkaji permainan papan matematika dengan kemampuan berhitung pada anak usia dini. Belajar matematika melalui permainan dapat meningkatkan minat dan motivasi anak. Mengenali lambang bilangan dan mengerti konsepnya bisa distimulasi sejak dini melalui permainan-permainan matematika, dan yang paling penting permainan itu harus sederhana, menarik, tidak membosankan. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis teori-teori yang didapat dari buku-buku referensi, dan daftar pustaka.Temuan hasil analisis teori adalah dalam proses berhitung, anak tidak secara langsung diajarkan bagaimana cara berhitung, namun anak harus mengalami beberapa proses untuk menuju cara berhitung. Anak pada usia dini memerlukan media kongkrit agar kebutuhannya akan berhitung terpenuhi dan berkembang dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran berhitung menggunakan benda kongkrit dalam memahami konsep bilangan, mengurutkan angka, memasangkan lambang bilangan. Melalui kegiatan media papan matematika, kemampuan berhitung anak dapat di tingkatkan. Setelah diberi tindakan, anak akan lebih mampu membilang banyak benda 1 sampai dengan 10, menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai dengan 10, yang disajikan dengan bendabenda yang obyektif dan kongkrit sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif, sehingga melalui benda-benda kongkrit akan memudahkan anak dalam mengenal konsep dan lambang bilangan. The purpose of writing is to study math board game with numeracy skills in early childhood. Learn math through games can boost children's interest and motivation. Recognize and understand the concept of numbers emblem can be stimulated from an early age through math games, and most importantly, the game should be simple, interesting, not boring. The data analysis method used is the analysis of the theories derived from reference books, and a bibliography. Finding theoretical analysis results are in the process of counting, the child is not directly taught how to count, but the child must undergo several processes to heading counting , Children at an early age requires concrete media that needs to be fulfilled numeracy and well developed. This can be done by applying the learning to count using concrete objects in understanding the concept of numbers, sequence numbers, pair numbers emblem. Through the activities of the board media mathematics, numeracy of children can be improved. After a given action, children will be able to count many objects 1 to 10, connecting or pairing emblem number of objects up to 10, were presented with objects in an objective and concrete in accordance with the stages of cognitive development, so that through objects concrete will allow the child to know the concepts and symbols of numbers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd. 2). Dr. R .Sihadi Darmo. W, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:26
Last Modified: 21 Apr 2022 06:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27406

Actions (login required)

View Item View Item