ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) MENGGUNAKAN CONTENT REPRESENTATION (CoRe) DAN PEDAGOGICAL AND PROFESSIONAL EXPERIENCE REPERTOIRES (PaP-eRs) PADA MATERI STOIKIOMETRI

INTAN DWI HARINI, . (2015) ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) MENGGUNAKAN CONTENT REPRESENTATION (CoRe) DAN PEDAGOGICAL AND PROFESSIONAL EXPERIENCE REPERTOIRES (PaP-eRs) PADA MATERI STOIKIOMETRI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV 1.pdf

Download (11MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (504kB)
[img] Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
SKRIPSI judul-daftar isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI Lampiran 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ARTIKEL_INTAN DWI HARINI_3315110072 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) calon guru menggunakan Content Representation (CoRe) dan Pedagogical and Professional Experience Repertoires (PaP-eRs) pada materi stoikiometri. lnformasi dari guru berpengalaman berupa CoRe digunakan sebagai salah satu sumber bagi calon guru dalam membuat CoRe. Penelitian dilaksanakan pada semester genap 2015 di SMA Negeri 71 Jakarta kelas X MIA 4. Metode yang digunakan adalah interpretive research. Peneliti bertindak sebagai calon guru yang mengajar di kelas, mengamati, dan melakukan wawancara terhadap guru berpengalaman mengenai CoRe, wawancara terhadap siswa, serta membuat reflektif jurnal. Galon guru diharapkan memiliki gambaran penting saat melakukan pembelajaran di kelas dengan menggunakan CoRe. Penelitian menunjukkan bahwa analisis PCK calon guru dapat dilakukan melalui CoRe dan PaP-eRs yang dibuat. PaP-eRs dianalisis berdasarkan konsep dan metode calon guru dalam menyampaikan materi. PaP-eRs yang dihasilkan pada materi stoikiometri sebanyak empat topik. PaP-eRs 1 menjelaskan aktivitas pembelajaran tentang lima hukum dasar kimia. PaP-eRs 2 tentang Mol, menjelaskan aktivitas pembelajaran mengenai beberapa istilah yang terdapat dalam topik Mol dan penentuan jumlah molekul H20 pada senyawa hidrat. PaP­eRs 3 menjelaskan aktivitas pembelajaran tentang kadar zat dalam berbagai besaran, dan PaP-eRs 4 tentang perhitungan kimia menjelaskan aktivitas pembelajaran mengenai konversi mol menjadi besaran lain dan penentuan pereaksi pembatas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Maria Paristiowati, M.Si ; 2). Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2020 15:31
Last Modified: 13 Jan 2020 15:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2750

Actions (login required)

View Item View Item