SAKTI NUGROHO, . (2017) KOMPETENSI MENGAJAR KUNCI BERBASIS EUROPEAN PROFILING GRID (EPG) DI KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Acknowledgement.pdf Download (52kB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (71kB) |
|
Text
Appendices PDF.pdf Download (109kB) |
|
Text
Chapter IV.pdf Download (356kB) |
|
Text
Chapter V.pdf Download (61kB) |
|
Text
Chapter I.pdf Download (115kB) |
|
Text
Chapter II .pdf Download (376kB) |
|
Text
Chapter III.pdf Download (101kB) |
|
Text
Curriculum Vitae PDF.pdf Download (7MB) |
|
Text
Cover.pdf Download (44kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (183kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan deskriptor dari Kompetensi Mengajar Kunci berbasis EPG sebagai dasar untuk menganalisis cakupannya di kurikulum program studi pendidikan bahasa Inggris dan program pendidikan profesi guru, menguji cakupan Kompetensi Mengajar Kunci berbasis EPG di kurikulum yang ada, dan menyelidiki sejauh mana Kompetensi Mengajar Kunci berbasis EPG di kurikulum yang ada. Penelitian ini menggunakan analisis konten kualitatif dalam metode dan desain penelitiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 sub kategori pada Kompetensi Mengajar Kunci, tahap perkembangan untuk guru pemula memiliki 17 deskriptor, fase perkembangan untuk guru berpengalaman memiliki 26 deskriptor, dan fase perkembangan untuk guru ahli memiliki 24 deskriptor. Temuan lainnya adalah bahwa Kompetensi Mengajar Kunci berbasis EPG tidak tercakup dengan baik dalam semua kurikulum yang ada. Selain itu, beberapa mata kuliah di Universitas A, C, D, E, dan program pendidikan profesi guru tumpang tindih. Hasil lain menunjukkan bahwa kompetensi dalam kurikulum yang ada belum memenuhi kompetensi standar dari Kompetensi Mengajar Kunci berbasis EPG. Oleh karena itu, mata kuliah dalam kurikulum program pendidikan bahasa Inggris yang ada dan program pendidikan profesi guru harus disusun berdasarkan kompetensi standar dari Kompetensi Mengajar Kunci berbasis EPG. Selain itu, standarisasi kompetensi juga harus didasarkan pada fase perkembangan untuk guru pemula, berpengalaman, dan ahli dalam Kompetensi Mengajar Kunci berbasis EPG. This study aims at elaborating the descriptors of the EPG-based Key Teaching Competences as the basis to analyze its coverage in the curricula of English education study programs and pre-service teacher training programs, examining the coverage of the EPG-based Key Teaching Competences in the existing curricula, and investigating the extent of the EPG-based Key Teaching Competences in the existing curricula. This study uses qualitative content analysis in its research method and design. The results of the study show that from 4 sub categories in the Key Teaching Competences, development phases for novice teachers have 17 descriptors, development phases for experienced teachers have 26 descriptors, and development phases for expert teachers have 24 descriptors. Another finding is that the EPG-based Key Teaching Competences are not well covered in all of the existing curricula. In addition, some courses in University A, C, D, E, and pre-service teacher training program overlap. Another result shows that competences in the existing curricula have not met the standard competences of the EPGbased Key Teaching Competences. Therefore, courses in the existing curricula of English education study programs and pre-service teacher training programs should be arranged based on the standard competences of the EPG-based Key Teaching Competences. Moreover, the standardization of the competences should also be based on development phases for novice, experienced, and expert teachers in the EPG-based Key Teaching Competences.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ifan Iskandar, M.Hum. 2). Dr. Ratna Dewanti, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:38 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28053 |
Actions (login required)
View Item |