HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL MEMBACA DALAM BAHASA ARAB TERHADAP SISWA DI SEKOLAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH ALMUHAJIRIN DEPOK

ZAINAB ALMUJAHIDAH, . (2015) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL MEMBACA DALAM BAHASA ARAB TERHADAP SISWA DI SEKOLAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH ALMUHAJIRIN DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Lembar Pengesahan dan Daftar Isi_Zainab Almujahidah_2715106586.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BIODATA Zainab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Skripsi BA_Zainab Almujahidah_2715106586.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Almuhajirin pada tanggal 18 Mei - 19 Mei 2015 dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil membaca siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan teknik korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswi kelas VIII Madrasah DTA Almuhajirin yang berjumlah 39 orang dan samplenya berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar membaca adalah dengan menggunakan hasil belajar dari guru, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar menggunakan angket yang berjumlah 20 soal pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasional. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan beberapa uji instrumen, antara lain uji normalitas variable x sebesar 0,153 dan variable y sebesar 0,146, uji homogenitas sebesar 0,71, dan uji linieritas sebesar Ŷ= 0,391 + 1,91x. Setelah melakukan beberapa uji tersebut, maka didapat nilai korelasi sebesar 0,885. Kemudian thitung yang didapat dengan menggunakan uji-t sebesar 10,05. Sedangkan ttabel (α = 0,05) yaitu 2,04. Artinya thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara Nilai belajar membaca dengan motivasi belajar Madrasah DTA Almuhajirin, Depok. Sedangkan koefisien determinasi (KD) yang didapat sebesar 0,885 atau 78,32%. hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara hasil belajar qiroah dengan motivasi belajar. Oleh karena itu, maka setiap siswa Madrasah Diniyah takmiliyah Awaliyah Almuhajirin harus mampu meningkatkan motivasi belajarnya, karena semakin tinggi tingkat motivasi belajar yang dimiliki, maka semakin tinggi pula hasil belajar qiroah yang dicapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. ; 2). Muhammad Kamal, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 03:13
Last Modified: 20 May 2022 03:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28460

Actions (login required)

View Item View Item