PRASYARAT PENDEKATAN INQUIRI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN JAKARTA

INDAH SULISTIO, . (2015) PRASYARAT PENDEKATAN INQUIRI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
bab I indah.pdf

Download (101kB)
[img] Text
bab II indah.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB V indah.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV indah.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB III indah.pdf

Download (187kB)
[img] Text
judul.pdf

Download (168kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (107kB)

Abstract

Pendekatan inquiri dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat membuat siswa lebih aktif sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar. Jika pendekatan inquiri sudah diterapkan tetapi hasil belajar siswa masih rendah maka kemungkinan penerapan inquiri yang kurang tepat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prasyarat pendekatan inquiri untuk peningkatan hasil belajar Biologi siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Experiment. Populasi berasal dari seluruh siswa kelas X MIA SMAN 68 Jakarta. Instrumen penelitian ini berupa angket prasyarat pendekatan inquiri yang meliputi motivasi dan kemampuan berkomunikasi , dan tes Hasil Belajar Biologi SMA pada materi Plantae. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji Anava. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan inquiri dan konvensional, 2). Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan kemampuan berkomunikasi terhadap hasil belajar siswa dengan pendekatan inquiri, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap hasil belajar siswa dengan pendekatan konvensional, 4). Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berkomunikasi terhadap hasil belajar siswa dengan pendekatan konvensional, 5). Tidak terdapat interaksi motivasi bersama kemampuan berkomunikasi terhadap hasil belajar siswa dengan pendekatan konvensional. The inquiry approach to learning is one factor that can make students more active so that it can affect learning outcomes. If the inquiry approach already implemented but the results of student learning is still low, the possibility of applying inquiri less precise. Therefore, this study is aimed to determine the prerequisites inquiri approach to increasing yields of high school students studying Biology. This research was a quantitative research methods Experiment. Population was studens all class X MIA SMAN 68 Jakarta. This research instrument was the form of a prerequisite inquiri approach questionnaire that includes motivational and communication skills, and test results for Learning Sciences High School at Plantae. Data were analyzed using t test and Anova. The results showed: 1). There was a difference in the results of student learning using the conventional approach of the inquiry and, 2). There was no significant relationship between motivation and the ability to communicate to the student learning outcomes with the inquiry approach, 3) There was a significant effect of motivation on student learning outcomes with conventional approaches, 4). There was a significant influence on the ability to communicate with the student learning outcomes conventional approaches, 5). There was no interaction along with the ability to communicate to the motivation of student learning outcomes with conventional approaches.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Reni Indrayanti, M. Si. ; 2). Dr. Adisyahputra, M.S.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 06:41
Last Modified: 20 May 2022 06:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28518

Actions (login required)

View Item View Item