KEMAMPUAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kualitatif di RA Ulil Albab, Sukatani, Depok)

DEBBY FITRIANI AGUSNI, . (2015) KEMAMPUAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kualitatif di RA Ulil Albab, Sukatani, Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Lembar Kata Pengantar.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Lembar Judul.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Lembar Daftar Isi.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Lembar Abstrak.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan interpersonal anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah Raudhatul Athfal Ulil Albab, Sukatani, Depok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dikumpulkan dengan cara mengamati dan mencari informasi mengenai bagaimana kemampuan interpersonal anak usia 4-5 tahun di RA Ulil Albab. Hasil penelitian menunjukkan anak 4-5 tahun di RA Ulil Albab memiliki keterampilan komunikasi sosial dalam menanggapi secara cepat dan tepat maksud dan keinginan teman sebayanya, memiliki kepekaan sosial dalam merasakan perasaan teman sebayanya, sehingga mampu untuk menunjukkan empatinya, dan memiliki kemampuan memahami dan mencari pemecahan masalah yang efektif dari masalah yang terjadi. interaksi sosial yang terlihat juga positif dengan anak mampu untuk berkomunikasi dan bekerjasama. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan mampu memahami dan menanggapi maksud, keinginan, dan perasaan teman sebaya akan mendorong terjadinya interaksi yang positif dengan teman-teman sebaya di lingkungannya. ********* *This research aims to see and describe how the interpersonal skills of children aged 4-5 years. This research was conducted in schools Raudhatul Athfal Ulil Albab, Sukatani, Depok. The method that used in this research was qualitative study. Collected data with observation, documentation, and interviews. Research carried out by observing and looking for information on how the interpersonal skills of children aged 4-5 years in RA Ulil Albab. Results showed children 4-5 years in RA Ulil Albab have social communication skills in responding quickly and accurately the intent and desire of their peers, social sensitivity to feel the feeling of peers, so it is able to show empathy, and the ability to understand and find solutions effective problem of the problem that occurred. Social interaction is also seen positive through children able to communicate and cooperate. The results showed that by being able to understand and respond to the intent, desires, and feelings of peers will encourage positive interactions with peers in their neighbourhood

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. R. Sri Martini Meilani, M.Pd. ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 07:11
Last Modified: 20 May 2022 07:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28544

Actions (login required)

View Item View Item