PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DALAM PELATIHAN SINEMATOGRAFI DI RUMAH KREATIF KRANGGAN

FAIRUZ TISYA PUSPADHANI, . (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DALAM PELATIHAN SINEMATOGRAFI DI RUMAH KREATIF KRANGGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI - PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DALAM PELATIHAN SINEMATOGRAFI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar dalam pelatihan sinematogafi yang dilaksanakan di Rumah Kreatif Kranggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Rumah Kreatif Kranggan yang terletak di RT 01/04 Kelurahan Jatirangga. Responden dalam penulisan ini sebanyak 20 orang. Teknik dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup dan tes kognitif berupa pilihan ganda. Adapun analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dengan menggunakan Uji T. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan perhitungan persentase kemudian dideskripsikan dengan kalimat. Dari analisis data diperoleh persamaan Ŷ = 65,729 + 0.200X. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif yang dibuktikan dengan uji t 6,334>2,030 (t hitung > t tabel) pada taraf signifikansi α=0,05. Hasil analisis membuktikan bahwa ada pengaruh motivasi belajar sebesar 50,4% terhadap hasil belajar kognitif dalam pelatihan sinematografi di Rumah Kreatif Kranggan. *This research aims to know the influence of learning motivation is there against the results of learning in the training of sinematogafi in Rumah Kreatif Kranggan. The method used in this research is descriptive method with quantitative approach. This research was conducted at the Rumah Kreatif Kranggan located in RT 01/04 Jatirangga village. The respondents in this research is 20 peoples. Sampling techniques in this research using a sampling saturated. Sampling is saturated sampling technique when all members of the population used as a sample. Data collection is done by using the enclosed questionnaire and cognitive tests in the form of multiple choice. The analysis of the data used is descriptive analysis. Data analysis technique used is the technique of analysis using T. Test Data were analyzed using percentage calculations then described the sentence. From the analysis of the data obtained by the equation Y = 65.729 + 0.200X. The results showed the influence of learning motivation against cognitive learning outcomes evidenced by t 6.334> 2.030 (t> t table) at significance level α = 0.05. Results of the analysis proves that there is influence learning motivation of 50.4% against the cognitive learning in cinematography training at Rumah Kreatif Kranggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fakhruddin A., M.Pd ; 2). Drs. Widio Prihanadi, MM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 06:34
Last Modified: 23 May 2022 06:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28642

Actions (login required)

View Item View Item