PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK

NURUL FATIMAH, . (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BISMILLAH 1-5.pdf

Download (656kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (557kB)
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan.jpg

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN JURNAL.jpg

Download (55kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode quasy eksperimental. Pada penelitian digunakan dua kelompok yang akan diteliti, yakni kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan diberikan media pembelajaran dengan video dan kelompok satu lagi diberi perlakuan dengan pemberian media pembelajaran powerpoint. Proses pengumpulan data dilakukan dengan post-test pada kedua kelas. Data yang telah terkumpul akan diolah dengan uji-t setelah data memenuhi persyaratan normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung ˃ ttabel, yakni 2,97 > 2,003 dengan signifikansi 5%. Maka Ho ditolak dan Hi diterima yang artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar post-test kelas eksperimen dengan hasil belajar post-test kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar instalasi motor listrik. The research is intended to investigate the effect of learning media to students’ learning outcomes in installation of electric motor subject . The research used quantitative research with quasy experimental method. This research used two groups to be investigated,which are experimental group that was given the video for learning media and the other group that was given the powerpoint learning media. The data collection process was done by giving the two groups post test. The collected data was processed by using t-test after it met the standard requirements and was homo-gen. The finding shows that the value tcount > ttable that is 2,97 > 2,003 with 0,05 significant level. Accordingly, Ho was rejected and Hi is accepted which means there is a difference between experimental class’ learning outcomes post-test and controlled class’ learning outcomes post test. Based on the t-test measurement and improvement of learning outcomes, it can be concluded that there is an effect of media learning to the students’ learning outcomes in installation of electric motor subject.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Soeprijanto, M.Pd 2) Drs. Faried Wadjdi, M.Pd.,MM
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 May 2022 07:29
Last Modified: 20 May 2022 07:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28760

Actions (login required)

View Item View Item