DIAJENG AYU RISTANTI, . (2017) EFEKTIVITAS MEDIA KARTU SOAL DALAM PEMBELAJARAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG (PENELITIAN EKSPERIMEN DI KELAS X IIS 2 SMA YAKE TAHUN AKADEMIK 2016/2017). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB III revisi terakhirr.pdf Download (129kB) |
|
Text
BAB IV revisi terakhir.pdf Download (249kB) |
|
Text
BAB V revisi terakhir.pdf Download (43kB) |
|
Text
BAB I revisi terakhir.pdf Download (48kB) |
|
Text
BAB II revisi terakhir.pdf Download (116kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (30kB) |
|
Text
iii. Lembar Persetujuan Publikasi.pdf Download (28kB) |
|
Text
iv. ABSTRAK in bahasa.pdf Download (30kB) |
|
Text
ix. Daftar Tabel.pdf Download (26kB) |
|
Text
ii. Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (27kB) |
|
Text
vii. KATA PENGANTAR.pdf Download (69kB) |
|
Text
x. Daftar Lampiran.pdf Download (27kB) |
|
Text
viii DAFTAR ISI.pdf Download (33kB) |
|
Text
vi. resume bahasa jepang.pdf Download (235kB) |
|
Text
v. ABSTRACT in english.pdf Download (29kB) |
Abstract
Kurangnya pemahaman siswa kelas dalam mempelajari pola kalimat bahasa Jepang berdampak pada tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian awal, pada angket dinyatakan 75% siswa di kelas X IIS 2 tidak dapat membuat kalimat bahasa Jepang sesuai pola yang benar. Ada banyak faktor yang menyebabkan siswa mengalami hambatan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dale mengatakan hanya dengan indera penglihatan, 75% dapat dicapai oleh siswa, 13% melalui indera pendengar dan 12% dengan indera lainnya. (Azhar, 2014:10), Pembelajaran yang tidak bervariasi juga dapat memicu terjadinya hambatan siswa dalam belajar. Menurut Hamalik, penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat dan motivasi anak dalam mencapai tujuan pembelajaran. (Azhar, 2011:26). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi atas permasalahan siswa dalam mempelajari pola kalimat bahasa Jepang serta mengetahui efektivitas dari media kartu soal. Manfaat dari penelitian ini adalah menambah ragam media pembelajaran yang berkualitas dan mempermudah siswa untuk belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Yake dengan sampel kelas X IIS 2 SMA Yake tahun ajaran 2016/2017. Intsrumen penelitian yang digunakan menggunakan tes penelitian awal, pretest, posttest dan kuesioner. Berdasarkan hasil data yang telah dianalisis, terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest sebesar 26,125 dan posttest sebesar 91,625 sehingga memiliki perbedaan sebesar 65,50. Dengan db sebesar 30 pada taraf signifikansi 5% maka memiliki t tabel sebesar 2,042 dengan t hitung sebesar 16, 261. Karena t-hitung>t-tabel maka media kartu soal dinyatakan terbukti efektif dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang di kelas X IIS 2. When students get incomprehension about sentences pattern in Japanese, it will makes the student get failed to learning’s purpose. Based on survey on this research, the questionnaire explain that 75% of students in the class of X IIS 2 can not to make the sentence in true rule. Actually there’s many factor which can make the students get fail to purpose of the lesson. Dale says only with sense of sight, student get 75%, sense of hearing 13% and others is 12%. In Azhar’s book , when use the education media in learning process can to increase the motivation and passion the students in the lesson. This research aims to finding the solution of student’s problem about sentence pattern in Japanese. And the solution that author’s give to this class is learning Japanese Sentence Pattern with Kartu Soal as the Educational Media. The model of this research is used Experiment Model One Group Pretest Posttest. The population of this research is SMA Yake’s students with the sample is Students of Class X IIS-2. The Instrument of this research is Survey’s test, pretest, posttest and questionnaire. Based on the data in this research, there’s get a differences average pretest value 26,125 and average posttest value 91,625. Until there’s the differences value between of them 65,50. The result for this research depends on significance level 5% with the tolerance = 30 for t-table list 2,042 and the result of t-account of this research is 16,261. The value of t-account more than t-table [t-account>t-table] so HK was accepted and HO was rejected. It means kartu soal as media on this research is proved effective was used as Media for students in Japanese Lesson.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Yuniarsih, M.Hum, M.Ed. 2) Eky Kusuma Hapsari, M.Hum. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 23 May 2022 08:56 |
Last Modified: | 23 May 2022 08:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28871 |
Actions (login required)
View Item |