FAJAR WULANDARI, . (2017) HEDGING DEVICES IN THE DISCUSSION SECTIONS OF SKRIPSIS AND MASTER THESES. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
APPENDICES.pdf Download (200kB) |
|
Text
List of Data Sources SKRIPSIS & THESES.pdf Download (191kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (31kB) |
|
Text
all chapters.pdf Download (1MB) |
|
Text
Table of Analysis of Sample Data Sources.pdf Download (2MB) |
Abstract
Hedges merupakan strategi komunikatif yang dapat digunakan dalam penulisan akademik untuk mengurangi kekuatan dari pernyataan. Tujuan dari penelitian ini untuk menyelidiki tipe, distribusi, dan fungsi dari hedging devices pada bagian Pembahasan/Discussion dari skripsi dan tesis. Penelitian ini juga bertujuan untuk menyelidiki bagaimana tingkat pendidikan dari penulis mempengaruhi hedging devices yang digunakan. Untuk menjawab pertanyaan penelitian ini, peneliti memilih 15 bagian Pembahasan dari skripsi dan 15 bagian Pembahasan dari tesis yang ditulis oleh mahasiswa jurusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Jakarta sebagai sumber data. Sumber data tersebut kemudian di analisa menggunakan metode analisa isi untuk mencari kata atau gabungan kata yang teridentifikasi sebagai hedges dengan menggunakan model kategori hedges yang digagaskan oleh Salager-Meyer (1994). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kategori Shields mendominasi penggunaan hedges di bagian pembahasan skripsi (63.06%) dan tesis (65.63%). Hedging devices yang lebih banyak ditemukan di bagian pembahasan tesis daripada skripsi mengindikasikan bahwa factor tingginya pendidikan dan lebih banyaknya pengeksposan hedging menentukan tingginya tingkat pemahaman siswa terhadap penggunaan hedging di tulisan akademik yang sebagian besar tujuan penggunaannya sebagai perlindungan untuk penulisjika nanti ide baru yang di klaim dari penelitiannya terbukti salah. Penelitian ini juga mengindikasikan bahwa mahasiswa dari Program Studi yang terakreditasi baik tidak selalu sejalan dengan baiknya pemahaman mereka terhadap penguasaan hedging serta baiknya isi dari teks akademik mereka. Hasil penelitian ini bisa berguna untuk implikasi pedagogis untuk mata kuliah ESP dan khususnya dalam penulisan laporan penelitian. Hedges are communicative strategies that can be used in academic writing to mitigate the force of the statements. The present study investigated the types, the distribution and the functions of hedging devices in the discussion sections of skripsis and master theses. It also tried to find out how education level affected hedging devices used. To achieve this goal, 15 discussion sections of skripsis and 15 discussion sections of master theses written by students of English Language Education Program in Jakarta were selected as the corpus and analyzed by employing content analysis method. A classification of hedges formulated by Salager-Meyer (1994) was used as a model. Findings revealed that Shields category were frequently used in both discussion sections of skripsis with 63.06% and master theses with 65.63%. It was also found that the employment of hedges in the discussion sections of master theses was higher than that in skripsis. Thus, it can be inferred that educational level affected to the use of hedges. Hedges identified in this study mostly served the function as a self-protection for the writer if later their statements are proved wrong. The present study also suggested that the Study Program which is well- accredited is not always in line with the good quality of the academic writing as well as the writers. The findings of this study can be useful for some pedagogical implications for ESP courses and especially writing research reports.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Ifan Iskandar, M.Hum. 2) Dr. Ratna Dewanti, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 25 May 2022 20:11 |
Last Modified: | 25 May 2022 20:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29002 |
Actions (login required)
View Item |