Analyzing Cultural Contents in Student’s Book of Curriculum 2013 for Senior High School

KARTIKA RAMADHANI, . (2017) Analyzing Cultural Contents in Student’s Book of Curriculum 2013 for Senior High School. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Kartika Ramadhani.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan budaya di dalam buku siswa kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisa konten dimana buku siswa dari kelas sepuluh dan kelas sebelas digunakan. Untuk mengumpulkan data rubrik tipe kultur dari Cortazzi dan Jin dan aspek kultur dari Dweik dan Al-Sayyed digunakan sebagai instrument penelitian. Hasil dari lembar kerja tersebut kemudian dihitung dan diubah kedalam data persentase. Penulis kemudian mentafsirkan data tersebut berdasarkan kategori yang dibuat dengan didukung oleh referensi referensi akademik dan juga dari hasil penelitian penelitian sebelumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa informasi budaya didalam buku siswa kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas ditunjukkan melalui aspek kebiasaan sosial. Sementara itu, tipe budaya yang dimuat pada buku ini paling banyak ditunjukan oleh budaya sumber (budaya Indonesia) 52%, dan diikuti oleh budaya target (budaya Amerika dan Inggris) sebesar 43%, sementara budaya internasional tidak sering dimunculkan (5%). Sebagai tambahan, hasil peneltian ini mendukung tujuan dari Sistem Pendidikan Nasional yang mana pembentukan karakter dapat disampaikan melalui budaya nasioanal dalam hal ini buku siswa dapat menjadi media untuk pembelajaran. This study aimed at analyzing the cultural contents in student’s book of curriculum 2013 for Senior High School. This study employed qualitative approach with content analysis method, where document of student’s book tenth and eleventh grade are used. To collect the data, Cortazzi and Jin’s cultural types and Dweik and Al-Sayyed’s cultural aspects material rubrics are used as the instruments. The result of the checklist worksheet was tabulated and transformed into percentages number. The writer then interpreted the data based on the catagories made with supporting academic references and notable previous studies. The result showed that cultural information in student’s book of curriculum 2013 for Senior High School was mostly potrayed trough social behavior aspect. Meanwhile, for the cultural type materials, source culture (Indonesian culture) is prominent (52%), followed by target culture (United Kingdom and United State culture) 43%, while in International culture is less exposed (5%). Additionally, the results supported the idea of general goals set by National Education System which is the character building, can be delivered through national culture in this case student’s book as a mediaof learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ratna Dewanti, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 20:49
Last Modified: 26 May 2022 20:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29168

Actions (login required)

View Item View Item