LATHIFAH HANUM, . (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN SETAPARULA TEMA KEBUDAYAAN INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4 Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (7kB) |
|
Text
1 Lembar Judul.pdf Download (19kB) |
|
Text
5 Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (63kB) |
|
Text
2 Lembar Persetujuan Pembimbing dan Panitia.pdf Download (126kB) |
|
Text
3 Abstrak Indonesia.pdf Download (6kB) |
|
Text
7 Kata Pengantar.pdf Download (59kB) |
|
Text
8 Lembar Daftar Isi.pdf Download (24kB) |
|
Text
13 Bab I.pdf Download (28kB) |
|
Text
14 BAB II.pdf Download (225kB) |
|
Text
15 BAB III.pdf Download (379kB) |
|
Text
16 BAB IV.pdf Download (501kB) |
|
Text
17 BAB V.pdf Download (54kB) |
|
Text
18 Daftar Pustaka.pdf Download (77kB) |
|
Text
21 Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (18kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Media Permainan Setaparula Tema Kebudayaan Indonesia yang berisi materi keragaman kebudayaan Indonesia. Dari data hasil uji coba analisis kebutuhan dapat disimpulkan bahwa guru membutuhkan sebuah media yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg dan Gall. Media Permainan Setaparula Tema Kebudayaan Indonesia telah diuji coba oleh tiga ahli, yaitu ahli materi, media, dan bahasa. Rata-rata dari uji ahli ini adalah 94,37%. Selain itu, permainan ini melalui tiga tahapan, yaitu tahap one to one dengan tiga siswa, small group dengan delapan siswa, dan field test dengan dua puluh lima siswa. Rata-rata penilaian siswa terhadap produk permainan ini naik dari 95% pada small group menjadi 99% pada tahap field test. Hal ini menunjukkan bahwa media Permainan Setaparula Tema Kebudayaan Indonesia sudah tepat sasaran dan layak digunakan dalam pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar. *This development aims to produce a product which name Setaparula Theme Indonesian Culture Media Game on the subject is variety of Indonesian culture. From analysis data can be conclude that teacher need a learning media that can help teacher to convey about the lesson to the student. The model that used to develop this media is Borg and Gall. Setaparula Theme Indonesian Culture Media Game have been tested to the expert review that consisted of three experts, such as materials expert, media expert, and linguists. The average results from expert reviews is 94,37%. Moreover, this game have trials test which is consist three steps, three student in one to one, eight student in small group, and twenty five student in field test. The average from student evaluation is improve from 95% in small group to 99% in field test. It proved that Setaparula Theme Indonesian Culture Media Game is appropriate and ready to use for learning social studies in grade IV primary school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Dewi Hartanti, M.A ; 2). A.R. Supriatna, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 30 May 2022 07:08 |
Last Modified: | 30 May 2022 07:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29419 |
Actions (login required)
View Item |