PENGARUH KUALIFIKASI AKADEMIK GURU TERHADAP KESIAPAN BERSEKOLAH (SCHOOL READINESS) (Studi Ex Post Facto di Taman Kanak-Kanak Kelompok B, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur

NADIA RAHMA UTAMI, . (2015) PENGARUH KUALIFIKASI AKADEMIK GURU TERHADAP KESIAPAN BERSEKOLAH (SCHOOL READINESS) (Studi Ex Post Facto di Taman Kanak-Kanak Kelompok B, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (551kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
LAMPIRAN INSTRUMEN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA.pdf

Download (275kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh kualifikasi akademik guru terhadap kesiapan bersekolah. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dan simple random sampling sehingga menghasilkan sampel penelitian pada TK Taman Siswa, TK Pertiwi III, TK Syinantam, TK Budhaya I St.Agustinus, TK Islam Al-Istiqomah, TK Mekar Sari, dan TK Tadika Puri. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan angket dan dianalisis menggunaka Analisis Varian (ANAVA) satu jalur dan Uji-t. Hasil pengujian hipotesis menggunakan ANAVA adalah Fhitung = 15,51 > Ftabel = 3,22. Dilanjutkan dengan Uji-t, diperoleh hasil thitung untuk data kelompok C dan P1 = 2,087, P1 dan P2 = 6,54, dan C dan P1 = 11,895, thitung > ttabel = 2,048 pada α = 0,05. Menunjukan bahwa semua H0 ditolak, maka H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kualifikasi akademik guru terhadap kesiapan bersekolah anak TK B dengan melihat perbedaan pada kelompok penelitian. Implikasi hasil penelitian ini adalah kualifikasi akademik guru dapat memberikan kontribusi yang meningkatkan kesiapan bersekolah anak. Apabila sudah memenuhi kualifikasi akademik, maka guru dapat memberikan pembelajaran yang tepat, guna meningkatkan kesiapan bersekolah anak. Oleh karena itu guru diharapkan untuk selalu meningkatkan kualitas pengajarannya melalui penyesuaian dengan standar kualifikasi yang ada. ********* The purpose of the reserach is to obtain empirical data about teacher’s academic qualification towards childrens’s school readiness. Sample were taken using cluster random sampling and simple random sampling that resulting samples on TK Taman Siswa, TK Pertiwi III, TK Syinantam, TK Budhaya I St.Agustinus, TK Islam Al-Istiqomah, TK Mekar Sari, dan TK Tadika Puri. Data collection is using observation and question form and analyzed using one-way Analysis of Varians (ANOVA) and t-test. The hypothese test result using ANOVA is Fcount = 15,51 > Ftable = 3,22. Continue with t-test, obtained tcount result of C and P1 group = 2,087, P1 and P2 = 6,54, and C and P1 = 11,895, tcount > ttable = 2,048, α = 0,05. Showing that all H0 refused and H1 accepted. It can be concluded that there is influence between teachers' academic qualification to children's school readiness of kindergarten group B with notice the difference in the research group. The implication of this research is the teachers' academic qualification can contribute to improve children's school readiness. If already fulfill the academic qualifications, teachers can provide appropriate learning, in order to improve the children's school readiness. Therefore, teachers are expected to always improve the quality of teaching through adjustments to the existing qualification standards.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Dwi Utami, M.Pd. ; 2). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 07:00
Last Modified: 31 May 2022 07:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29537

Actions (login required)

View Item View Item