PENGARUH MEDIA PERMAINAN DADU TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS 1 SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA TIMUR

Alfia Rachmatika, . (2013) PENGARUH MEDIA PERMAINAN DADU TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS 1 SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (802kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 11 Jakarta Timur pada bulan April – Juni 2013 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh media permainan dadu dalam penguasaan kosakata Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berjenis semu ekperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 11 Jakarta Timur. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan purposive sampling (sampel bertujuan). Kelompok eksperimen menggunakan satu kelas yaitu 1.B dengan jumlah siswa 18 orang dan kelompok kontrol menggunakan satu kelas juga yaitu kelas 1.C dengan jumlah siswa 20 orang. Pengukuran hasil penguasaan kosakata pada kedua dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes penguasaan kosakata berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 soal. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji normalitas pada kelompok eksperimen diperoleh (Lhitung) Lo 0,115 dan pada kelompok kontrol diperoleh (Lhitung) Lo 0,140, sedangkan Ltabel pada kelompok eksperimen diperoleh 0,20 (n = 18, taraf signifikansi 5%) dan pada kelompok control diperoleh 0,19 (n = 20, taraf signifikansi 5%) karena kedua (Lhitung) Lo < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa χ²hitung< χ²tabel atau 0,023 < 3,84, artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji hipotesis, didapatkan thitung = 1,73. Dengan db 36 dan ttabel = 1,68 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian thitung = 1,73 > ttabel = 1,68 jadi H0 ditolak. Maka, terdapat pengaruh media permainan dadu terhadap penguasaan kosakata Bahasa Arab. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media permainan dadu berpengaruh positif terhadap penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa SMA Muhammadiyah 11 Jakarta Timur. Dengan demikian media permainan ini dapat digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran kosakata sehingga siswa menjadi senang dan lebih mudah dalam mempelajari kosakata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2019 10:55
Last Modified: 17 Oct 2019 10:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item