HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA WARGA BELAJAR PAKET C PKBM NEGERI 13 JAKARTA TIMUR

ONKY ALVIANO, . (2015) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA WARGA BELAJAR PAKET C PKBM NEGERI 13 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR ISI, ABSTRAK, ABSTRACT, KATA PENGANTAR.pdf

Download (169kB)
[img] Text
lembar persetujuan dosen penguji.pdf

Download (788kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI & daftar riwayat hidup.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB 1 SAMPAI DENGAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu kajian yang berawal dari berbagai konsep teori dan kajian penelitian mengenai hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa indonesia warga belajar paket C di PKBM Negeri13 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di PKBM Negeri 13 Jakarta Timur dengan populasi sebanyak 20 warga belajar. Dalam penelitian ini tidak diperlukan sampel karena keseluruhan objek dapat dijangkau peneliti yaitu 20 warga belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuisioner tentang disiplin belajar dan nilai rapor. Setelah dilakukan uji coba didapatkan hasil 21 item valid dengan nilai reliabilitas 0,977 untuk variabel disiplin belajar. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis antar kedua variabel didapatkan koefisien korelasi sebesar 0,988 dengan (p=0.00, <0.05), artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa indonesia warga belajar paket C. Semakin tinggi disiplin belajar warga belajar maka semakin tinggi juga hasil belajar yang didapatkannya, begitu pula semakin rendah tingkat disiplin belajar warga belajar maka semakin rendah nilai hasil belajarnya. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan bagi pihak PKBM khususnya bagi tutor bahasa indonesia untuk menerapkan kedisiplin bagi warga belajar. Dan penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan kedisiplinan warga belajar yang lebih tepat untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik ********** This research is a study of the various concepts of theory and research studies regarding The correlation Between Learn Discipline With the Results of Study Indonesian Language Learning to People Packet C in 13 PKBMN East Jakarta. This research was done in the PKBMN 13 East Jakarta with a population as many as 20 student . In this research used 20 students as responden. The research is using correlation research method known as Product Moment Pearson. Instrumen used this research is questioner regarding learn discipline study result (rapor). According to hypothetical trial betwen both variabels, researcher obtain correlation coefficient in the amount of 0.988 with (p=0.00, <0.005), means that there is positive and significant correlation between learn discipline with result of study Indonesia language learning to stundents Packet C. The higher level of learn discipline will bring impact the higher result study that will be achieved. As well as the lower lever of participants learning activity will bring impact the lower achieved result study. . The result of this research can be used for both pkbm especially for a tutor Indonesian language to applies discipline for participant learning activity. And this study could be referred to improve learn discipline with more appropriate to achieve a result of learning which better

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Durotul Yatimah, M.Pd. ; 2). Henny Herawati BR. D, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:03
Last Modified: 06 Jun 2022 06:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29746

Actions (login required)

View Item View Item