PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMAN 7 BEKASI

ERNY TRIWAHYUNINGSIH, . (2016) PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMAN 7 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
4.ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (496kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (336kB)
[img] Text
13. BAB IV bismillah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
15. daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
biodata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Erny.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks laporan hasil obervasi oleh siswa kelas X SMAN 7 Bekasi. Pendekatan dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 dan X IIS 3 SMAN 7 Bekasi yang berjumlah 64 siswa. Analisis data dilakukan dengan cara menilai satu persatu tulisan siswa berdasarkan kriteria penilaian masing-masing aspek, kemudian mencari nilai rata-rata data untuk mengetahui kualitas kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas X IIS 3 SMAN 7 Bekasi dalam menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode Index Card Match dapat meningkat dibanding dengan kelas IIS 2 sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 60, namun nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 73. Sementara itu, nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 52,2, namun nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 68,6. Dari hasil penelitian ini guru bahasa Indonesia SMAN 7 Bekasi dapat menggunakan metode pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd., ; 2). Dra. Suhertuti, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 14:17
Last Modified: 24 Jan 2020 14:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2976

Actions (login required)

View Item View Item