PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SDN PENJARINGAN 03 PAGI JAKARTA UTARA

YULIANA, . (2015) PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SDN PENJARINGAN 03 PAGI JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB ll yuli.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB I_Yuli(footnote).pdf

Download (88kB)
[img] Text
abstrak dll.ada no hal.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV_Yuli.pdf

Download (715kB)
[img] Text
bab III_yuli-2.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB V_Yuli.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (121kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN dan persetujuan.pdf

Download (99kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa pada proses pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas III SDN Penjaringan 03 Pagi, Jakarta Utara, dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Stephen Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas 4 tahapan perbaikan pembelajaran, antara lain: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengamatan; (4) tahap refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen kuesioner sikap ilmiah siswa dan instrumen pengamatan tindakan berupa data pemantau tindakan proses pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses. Hasil analisis data selama 2 siklus masing-masing dua pertemuan tiap siklusnya menunjukkan kriteria keberhasilan dicapai sesuai target yang ditetapkan pada akhir siklus II sebagai berikut: peningkatan sikap ilmiah siswa pada proses pembelajaran IPA selama 2 siklus. Perolehan skor persentase data pemantau tindakan proses pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses selama 2 siklus, antara lain: (1) siklus I sebesar 62,50% dan 70%; (2) siklus II sebesar 80% dan 87,50%. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pendekatan keterampilan proses dapat dijadikan salah satu alternatif dalam inovasi proses pembelajaran untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa pada proses pembelajaran IPA di kelas III SDN Penjaringan 03 Pagi, Jakarta Utara. This study aims to improve the scientific attitude of students in the process of learning science process skills using the approach in third grade students of SDN 03 Pagi Penjaringan, North Jakarta, using the method of action research models and Mc Stephen Kemmis. Taggart which consists of four stages of learning improvement, among others: (1) the planning stage; (2) the stage of implementation; (3) the stage of observation; (4) the stage of reflection. The instrument used in this study consisted of a questionnaire instruments scientific attitude of students and observation instruments in the form of a data monitoring action action through a process of learning science process skills approach. Results of the data analysis for 2 cycles each of two meetings each cycle indicates the success criteria achieved according to the targets set at the end of the second cycle as follows: increase scientific attitude of students in the learning process Science for 2 cycles. Acquisition score measures the percentage of data monitoring through a process of learning science process skills approach for 2 cycles, among others: (1) the first cycle of 62.50% and 70%; (2) the second cycle of 80% and 87.50%. Implications of these results is that the approach process skills can be used as an alternative in the learning process innovation to improve the scientific attitude of students in the process of learning science in grade III SDN 03 Pagi Penjaringan, North Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd ; 2). Dr. M.S. Sumantri, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:04
Last Modified: 07 Jun 2022 03:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29789

Actions (login required)

View Item View Item