YOSEP A. RAHARUSUN, . (2015) PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS III SDN MENTENG ATAS 06 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (120kB) |
|
Text
1. Caver.pdf Download (25kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (35kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (87kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (351kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (141kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (220kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (417kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (942kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (89kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (106kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah Pendekatan Keterampilan Proses Kelas III SDN Menteng Atas 06 Pagi Jakarta Selatan dengan 2 siklus pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan data yaitu pada siklus I sebesar 58% dari jumlah siswa sebanyak 24 siswa yang telah mencapai skor sikap ilmiah belajar IPA ≥ 75. Pada siklus II ini sebesar 82% dari jumlah siswa, sebanyak 33 siswa sudah mencapai skor sikap ilmiah belajar IPA ≥ 75. Peningkatan hasil siklus II ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses membawa dampak positif bagi peningkatan Sikap Ilmiah siswa pada pembelajaran IPA terutama tentang benda dan sifatnya. Pembelajaran lebih bermakna dengan memperoleh dan memproses informasi secara langsung. Dengan berbagai keterampilan seperti mengamati, menggolongkan, menafsirkan, mengaplikasi, mengkomunikasi dan menyimpulan mampu munumbuhkan sikap ingin tahu, ketekunan, tidak putus asa, kerjasama, bertanggung jawab dan terbuka. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pendektan keterampilan proses dapat dijadikan salah satu alternative pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA. The purpose of this study was to analyze whether the approach Process Skills Class III SDN Menteng Atas 06 Pagi South Jakarta with 2 cycles of learning. These results indicate that the acquisition of the data that is in the first cycle by 58% of the number of students as many as 24 students who have reached a scientific attitude to learn science scores ≥ 75. In this second cycle was 82% of the total number of students, as many as 33 students have reached a scientific attitude scores learn science ≥ 75. Improved results of the second cycle of this proves that the process of learning the skills approach had a positive impact on the improvement of Scientific Attitude students learning science, especially of objects and nature. Learning is more meaningful to acquire and process information directly. With a variety of skills such as observing, classifying, interpreting, applying, communicate and menyimpulan able munumbuhkan curiosity, perseverance, not despair, cooperation, responsible and open. Implications of these results is that pendektan process skills can be one effective alternative learning approaches to improve the scientific attitude of students in learning science
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Endang Wahyudiana. ; 2). Dra. Siti Rohmi Yuliati M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 03:08 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 03:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29792 |
Actions (login required)
View Item |