TYPES OF TEACHER’S QUESTIONS IN ENGLISH CLASSROOM INTERACTION IN THE EIGHTH GRADE CLASS

Asyoka Ajeng Widyaputri, . (2013) TYPES OF TEACHER’S QUESTIONS IN ENGLISH CLASSROOM INTERACTION IN THE EIGHTH GRADE CLASS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (249kB)
[img] Text
CHAPTER 1.pdf

Download (28kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf

Download (53kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf

Download (27kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf

Download (143kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf

Download (23kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis pertanyaan guru yang digunakan selama pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam proses pembelajaran, bertanya adalah salah satu strategi dan teknik yang biasa digunakan dalam belajar mengajar untuk mencapai berbagai tujuan. Bertanya juga merupakan alat yang penting bagi seorang guru untuk membantu siswa membangun pemahaman dan mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini difokuskan pada ujaran guru dan siswa yang mucul selama proses pembelajaran. Ujaran guru dan siswa direkam, ditranskripsikan, dan dianalisis dengan mengunakan analisis wacana untuk menemukan fungsi ujaran guru. Ujaran guru yang berfungsi untuk bertanya selanjutnya kemudian diklasifikasikan dengan menggunakan Bloom’s Taxonomy untuk menemukan jenis dan tingkatan pertanyaan guru. Berdasarkan enam transkrip interaksi kelas terhitung 2929 ujaran guru, dimana 830 berfungsi untuk bertanya. Dari 830 ujaran guru terklasifikasikan 614 berada di C1 (remember), dan 216 berada di C2 (understand). Temuan ini menggambarkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris di kelas yang diamati masih berada di dalam tingkat mengenal dan memahami, tingkat partisipasi siswa masih berkisar pada menjawab pertanyaan guru sehingga aspek kemampuan berbahasa belum terkembangkan secara luas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sri Sumarni, M. Pd M.Hum. ; 2). Dr. Sudarya Permana
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 17 Oct 2019 10:58
Last Modified: 17 Oct 2019 10:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item View Item