PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS IV SDN JOHAR BARU 25 PAGI JAKARTA PUSAT

SYENA LIANI CHAIRUNISA, . (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS IV SDN JOHAR BARU 25 PAGI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK & surat keaslian.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA UJIAN.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mendapatkan data mengenai penerapan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SDN Johar Baru Jakarta Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah ada peningkatan hasil belajar IPA kelas IV SDN Johar Baru 25 Pagi melalui penerapan model project based learning. Penelitian ini dilakukan di SDN Johar Baru 25 Pagi Jakarta Pusat, khususnya di kelas IV. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model project based learning yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I persentase hasil belajar IPA siswa sebesar 72% siswa yang mencapai KKM atau lebih. Sedangkan siklus II menunjukkan kenaikan hasil belajar IPA yang signifikan yaitu sebesar 90% siswa yang mencapai KKM atau lebih. Adapun untuk lembar pemantau tindakan pembelajaran dengan model project based learning untuk siklus I adalah sebesar 73% untuk aktivitas guru dan 80% untuk aktivitas siswa dan pada siklus II mencapai peningkatan hingga 100% untuk aktivitas guru dan 100% untuk aktivitas siswa. Dari data yang diperoleh, menunjukkan bahwa dengan menggunakan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Implikasi Hasil Penelitian ini adalah bahwa model project based learning dapat dijadikan model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SDN Johar Baru 25 Pagi Jakarta Pusat This research is to obtain data on the implementation of project-based learning models to improve science learning outcomes of students in grade IV SDN Johar Baru 25 Pagi, Central Jakarta. The purpose of this study was to analyze whether there is an increase in the results of fourth grade students learn science SDN Johar Baru 25 Pagi, Central Jakarta through the implementation of project-based learning model learning. This research was conducted in Johar Baru SDN 25 Pagi Central Jakarta, especially in the fourth grade. The study was conducted by using a model of project-based learning that consists of 2 cycles and each cycle consisting of two meetings. The results showed that the data obtained in the first cycle of learning outcomes science percentage of students by 72% students who achieve minimum completeness criteria or more. While the second cycle showed a rise of science learning outcomes which significantly by 90% students who achieve minimum completeness criteria or more. As for the sheet observers action learning project based learning model for the first cycle is 73% for the activities of teachers and 80% of the activity of students in the second cycle and achieve an increase to 100% for the activities of teachers and 100% for student activity. From the data obtained, shows that by using a model of project-based learning can improve student learning outcomes science. Implications The results of this research is that the model of project-based learning can be used as a learning model that is used to increase the yield of fourth grade students learn science SDN Johar Baru 25 Pagi Central Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si. ; 2). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:56
Last Modified: 08 Jun 2022 06:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29865

Actions (login required)

View Item View Item