UPAYA MENINGKATKAN TENDANGAN MOMTONG DOLLYO CHAGI DENGAN MEDIA AIR PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SMA PGRI BALARAJA

M. RIZAL TRIANA, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN TENDANGAN MOMTONG DOLLYO CHAGI DENGAN MEDIA AIR PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SMA PGRI BALARAJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I .pdf

Download (240kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (328kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB III new2 RIZAL.pdf

Download (327kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (5kB)
[img] Text
BAB IV ka.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
JURNAL SAYA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
surat validitas 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
surat validitas 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
surat pernyataan skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
surat balasan sekolah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
surat permohonan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang : (1) Perbaikan dan peningkatan hasil belajar peserta ekstrakurikuler SMA PGRI Balaraja dalam melakukan tendangan momtong dollyo chagi dengan media air. Metode penelitian ini adalah metode penelitian action research classroom (penelitian tindakan kelas) peserta ekstrakurikuler SMA PGRI Balaraja sebagai subyek penelitian, pada penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media air. Pada siklus 1 di awali dengan tes awal dimana peneliti dapat mengetahui seberapa besar kemampuan peserta didik dalam menguasai teknik tendangan sebelum di berikan perlakuan oleh peneliti, kemudian peserta memberikan perlakuan berupa pemebelajaran dengan media air yang telah di sesuaikan kedalamannya dengan peserta. Perlakuan berupa media air telah disesuaikan dengan peserta didik. Perlakuan ini diberikan sebanyak 4 kali pertemuan sesuai penjelasan di awal dan setelah itu peneliti melakukan tes akhir untuk siklus pertama, dari hasil siklus pertama yang direalisasikan peneliti mendapati adanya perkembangan dari para peserta didik namun masih belum memenuhi batas minumum ketuntasan sehingga peneliti dan kolaborator sepakat bahwa perlu mengadakan siklus selanjutnya yaitu, siklus II dengan dengan mengadakan dengan diawali gerakan bagian perbagian lalu kemudian gerakan keseluruhan sehingga peserta didik mudah melakuakan pembelajaran. Kegiatan siklus II yang direalisasikan peneliti melalui media air hasill yang berupa 1) Peserta dapat memahami konsep gerakan tendangan ii momtong dollyo chagi, hal ini dapat diketahui dari cara siswa melakukan dan memahami gerakan tendangan, 2) Peserta dapat belajar dengan baik, 3) Motivasi siswa dan percaya dri siswa meningkat pada saat pembelajaran dengan media air. Pada penelitian ini dijelaskan bahwa pada tes awal didapati data kemampuan peserta didik yang lulus melakukan tendangan momtong dollyo chagi sebanyak 4(16%) peserta didik dan yang tidak lulus sebanyak 21 (84%) peserta didik. Pada siklus I terjadi peningkatan signifikan, siswa yang lulus sebanyak 15(60%) peserta didik, sedangkan yang tidak lulus sebanyak 10(40%) peserta didik. pada siklus II terlihat peningkatan yang makasimall yaitu, sebanyak 25(100%) peserta yang lulus. Keterangan dari hasil penelitian ini peningkatan dari hasil belajar tendangan momtong dollyo chagi dengan media air dari tes awal mengahasilkan prosetase sebesar 16% peserta yang dapat melakukan tendangan momtong dollyo chagi dengan benar, kemudian di lakukan siklus I didapati peningkatan yaitu 60% peserta yang dapat meningkatkan hasil belajar dengan benar, dan pada siklus ke II dengan hasil sebesar 100% peserta dapat meningkatkan hasil belajar tendangan momtong dollyo chagi dengan menggunakan media air dengan baik dan benar. This study aims to find out about: (1) Improvement and improvement of learning outcomes extracurricular participants SMA PGRI Balaraja in kick momtong dollyo chagi with water media. The method of this research is action research classroom method (class action research) extracurricular participants of SMA PGRI Balaraja as research subject, in this research is conducted in 2 cycles, that is cycle 1 and cycle 2. Learning is done by using water media. In cycle 1 begins with the initial test where researchers can find out how much learners ability in mastering the technique before the treatment given the kicker by the researchers, then the participants provide treatment in the form of learning with water media that has been adjusted depth with participants. Treatment in the form of water media has been adjusted with the learners. This treatment is given as much as 4 times the meeting according to the explanation at the beginning and after that the researchers do the final test for the first cycle, from the first cycle results realized researchers find the development of the learners but still not meet the limit of drinking mastery mastery so that researchers and collaborators agree that Hold the next cycle that is, cycle II by holding with the beginning of the movement section section then the whole movement so that learners easy to learn. Activity of cycle II which is realized by researchers through water hasill media in the form of 1) Participants can understand the concept of motion kick momtong dollyo chagi, this can be known from the way students do and understand the kick movement, 2) Participants can learn well, 3) Student motivation and Believe that students are increasing at the time of learning with water media. In this study it was explained that in the initial test found the ability data of students who passed the kick momtong dollyo chagi as much as 4 (16%) of the ii students and who did not pass as many as 21 (84%) learners. In the first cycle there is a significant increase, students who graduated as many as 15 (60%) of students, while those who did not pass as many as 10 (40%) of students. In cycle II seen the increase makasimal that is, as many as 25 (100%) participants who pass. Description of the results of this study improvement of learning results kick momtong dollyo chagi with water media from the initial test to produce prosetase of 16% of participants who can do momtong dollyo chagi kick properly, then in cycle I was found an increase of 60% participants who can improve the results Learn correctly, and in cycle II with 100% result participants can improve learning result kick momtong dollyo chagi by using water media well and true

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Fahmi Fachrezzy, M.Pd 2) Dr. Wahyuningtyas Puspitorini, S.Pd,M.Kes,AIFO
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Jun 2022 05:55
Last Modified: 11 Jun 2022 05:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30049

Actions (login required)

View Item View Item