PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA PRANCIS MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 85 JAKARTA TAHUN AJAR 2015/2016 ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS )

ILMAN FAUZI, . (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA PRANCIS MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 85 JAKARTA TAHUN AJAR 2015/2016 ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
cover skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
SURAT PENGESAHAN, PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)

Abstract

Penelitian berupa skripsi berjudul Kemampuan Menulis Bahasa Prancis Melalui Media Gambar Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 85 Jakarta Tahun Ajar 2015/2016, ditujukan sebagai sebagai salah satu syarat kelulusan di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 85 Jakarta dalam menulis kalimat melalui penerapan media gambar. Media pembelajaran yang digunakan adalah media gambar sebagai alat atau sarana komunikasi yang dapat dilihat dengan indra penglihatan (mata) untuk menyampaikan pesan atau informasi. PTK ini diawali dengan observasi pembelajaran di kelas dan pemberian pretest kepada siswa dan mendapat nilai rata-rata kelas sebesar 52.90. Kemudian, pada siklus I PTK yang menggunakan media gambar menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar berjalan sesuai dengan perencanaan. Namun demikian ditemukan beberapa masalah yang dihadapi di dalam kelas seperti kurang fokusnya siswa dalam memperhatikan materi. Hasil rata-rata nilai tes menulis pada akhir siklus I yang diperoleh siswa adalah 58.80. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada siklus II dengan menggunakan media gambar berjalan lebih baik, dimana siswa terlihat lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran pada siklus ini. Selain itu siswa juga lebih aktif dalam menjawab pertanyaan peneliti seputar gambar yang ada dan menulis di depan kelas. Peningkatan kemampuan menulis siswa terlihat dari hasil post-test kedua dengan hasil rata-rata 78.75 Berdasarkan hasil kedua post tes yang dilakukan dalam dua siklus, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis siswa dalam bahasa prancis dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sulandri Nuryadin, M. Pd, ; 2). Dra. Dian Savitri, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 15:29
Last Modified: 28 Jan 2020 15:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3040

Actions (login required)

View Item View Item