RATNA AJENG TEJOMUKTI, . (2011) PELEMBAGAAN AKADEMIK “KEPENDSOSAN”: STUDI TENTANG PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Pelembagaan Akademik Kependsosan.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pelembagaan Akademik.pdf Download (77kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai penulisan skripsi pendidikan sosiologi sebagai representasi pelembagaan budaya akademik. Skripsi ini menjadi sebuah karya produksi akademik yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan jurusan lain dalam hal struktur penulisan. Selain itu pula ditujukan untuk memaparkan budaya akademik yang terdapat dalam prodi pendsos yang telah mengalami pelembagaan. Memiliki budaya akademik dalam kurikulum tersembunyi kemudian terlembagakan menjadi sebuah proses sosio edukasi. Peneliti menggunakan metodologi kualitatif dalam penelitian ini. Dalam penggunaan telaah pustaka, peneliti memilih konsep pelembagaan Peter L. Berger dan juga proses eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Hal ini tentunya disesuaikan dengan temuan data peneliti yang berkaitan dengan konsep tersebut. Setelah melakukan penelitian, peneliti mendapatkan temuan data diantaranya, pertama setiap institusi formal yang berbasis pendidikan memiliki budaya akademik, salah satunya adalah prodi pendsos, budaya akademik ini tertuang dalam kurikulum tersembunyi yaitu diskusi dan penulisan. Kedua, terbentuknya identitas di kalangan mahasiswa pendsos dengan adanya karakteristik mahasiswa tiga tipe resisten, ideal, dan turis. Ketiga, Proses pelembagaan terhadap budaya akademik yang ada di pendsos terjadi karena adanya pembiasaan dan terdapat proses timbal balik diantara budaya kependsosan yang tercipta dengan karakteristik mahasiswa yang terbentuk. Keempat, dalam proses eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi, budaya akademik yang ada di Pendsos dan identitas menghasilkan pemaknaan terhadap suatu objek. Objek ini dilihat sebagai hasil karya dari mahasiswa. Untuk mahasiswa pendsos hasil karya tersebut berupa karya tulis dan juga skripsi sebagai karya akhir. Kelima, pemaknaan terhadap skripsi menjadi hal terpenting, dalam hal ini mahasiswa pendsos memiliki kesamaan dalam memaknai skripsi sebagai apresiasi kebanggaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 07:57 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 07:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31196 |
Actions (login required)
View Item |