ANALISIS LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK MELALUI GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI HIDROLISIS GARAM BERBASIS LINGKUNGAN

SUGIHHARTI., . (2021) ANALISIS LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK MELALUI GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI HIDROLISIS GARAM BERBASIS LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
03_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
04_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
01_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
02_BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
07_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)
[img] Text
06_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) yang pesat pada abad ini telah membuat kehidupan semakin mudah. Saat ini, peserta didik sangat bergantung dengan internet dalam mencari informasi, namun informasi tersebut terkadang belum jelas sumbernya dan tidak valid. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan untuk memanfaatkan dan mengelola informasi secara selektif serta dapat memaksimalkan penggunaan TIK dengan baik, kemampuan ini disebut literasi digital. Salah satu upaya untuk meningkatkan literasi digital peserta didik, yaitu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran, seperti menerapkan google classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi digital peserta didik pada materi hidrolisis garam berbasis lingkungan melalui google classroom. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian sebanyak 36 peserta didik XI MIPA 1 di SMA Negeri 31 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data didapatkan melalui reflektif jurnal, lembar observasi, kuesioner literasi digital, dan wawancara. Dimensi literasi digital yang dianalisis pada penelitian ini, yaitu dimensi pengumpulan data, evaluasi data, pengolahan data, kesadaran integritas, dan tanggung jawab sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan literasi digital peserta didik pada dimensi pengumpulan data, evaluasi data, kesadaran integritas, dan tanggung jawab sosial memiliki kategori sangat baik, sedangkan dimensi pengolahan data memiliki kategori baik, sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan literasi digital peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 31 Jakarta termasuk ke dalam kategori sangat baik. The rapid development of technology, information and communication (ICT) in this century has made life easier. Currently, students are very dependent on the internet in finding information, but the source of this information is sometimes unclear and invalid. Therefore, it is necessary to have the ability to utilize and manage information selectively and to maximize the use of ICT properly, this ability is called digital literacy. One of the efforts to improve students' digital literacy is optimizing the use of technology in the learning process, such as implementing google classroom. This study aims to determine the digital literacy of students on environmental-based salt hydrolysis through google classroom. This research was conducted with 36 students of XI MIPA 1 as research subjectsat SMA Negeri 31 Jakarta. This study used qualitative methode. Data sources are obtained through reflective journals, observation sheets, digital literacy questionnaires, and interviews. The dimensions of digital literacy analyzed in this study, namely the dimensions of data collection, data evaluation dimensions, data processing dimensions, integrity awareness dimensions, and social responsibility dimensions. The results of this study indicate that students' digital literacy in the dimensions of data collection, data evaluation dimensions, integrity awareness dimensions, and social responsibility dimensions has a very good category, while the data processing dimension has a good category. So it can be concluded that theoverall digital literacy of students in class XI MIPA 1 at SMA Negeri 31 Jakartais in the very good category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Agung Purwanto, M.Si. ; 2). Edith Allanas, M.Pd.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2022 06:41
Last Modified: 08 Jul 2022 06:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31599

Actions (login required)

View Item View Item