Pengaruh Model POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) terhadap Hasil Belajar dalam Muatan IPA Siswa Kelas V SD (Studi Eksperimen di SD Telaga Murni Cikarang Barat Bekasi )

DEA AISANI FADILLAH, . (2019) Pengaruh Model POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) terhadap Hasil Belajar dalam Muatan IPA Siswa Kelas V SD (Studi Eksperimen di SD Telaga Murni Cikarang Barat Bekasi ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3.SURAT KEASLIAN.pdf

Download (378kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (212kB)
[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
8. BAB III (Autosaved).pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (407kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model POE (Predict Observe Explain) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain Posttest Control Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Yaa Bunayya Cikarang Barat Bekasi sebanyak 23 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dalam pembelajaran menggunakan model POE dan kelompok kontrol dalam pembelajaran menggunakan model Ekspositori. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik infrensial (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh dengan hasil thitung (2.1045) >ttabel(1,680) Sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran POE terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V sekolah dasar di Desa Telaga Murni Cikarang Barat Bekasi. * The objective of this experiment is to know about the effect of POE (Predict Observe Explain) Model to the result of 5th grade elemntary students study Science Learning. The methode is used experiment, by designing posttest control design. The respondent of this experiment are 5th grade elementary students at Integrated Islamic Elementary School Ya Bunayya West Cikarang by 23 students. The sample is taken with the cluster random sampling technique that break into 2 groups, which are: the experiment group on studying that using POE model and control group on studying that using expository model. The data is collected with the result of te study. The data that has been taken afterward it get analyzed that using desciptive analysis and infrensial statistic (t-test). Based on the t-test measurement, it obtained with the result of thitug thitung (2.1045) >ttabel(1,680) so that h1 is accepted and h0 is rejected, the conclusion that there is positive effect and significant from using POE study model towards the result of science study on the 5th grade elementary students Science Learning in Telaga Murni Village West Cikarang Bekasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudian, M.Pd ; 2). Dr. Otib Satibi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2022 04:00
Last Modified: 12 Jul 2022 04:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31623

Actions (login required)

View Item View Item