ANILNI MUNAYA, . (2021) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
02 BAB I.pdf Download (329kB) |
|
Text
01 Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
|
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) |
|
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan petunjuk praktikum kimia berbasis kontekstual pada materi larutan penyangga serta mengetahui kelayakan petunjuk praktikum kimia yang dihasilkan melalui uji validasi ahli dan uji coba ke guru dan peserta didik. Penelitian dan pengembangan dilakukan di SMA Negeri 107 Jakarta dan SMA Negeri 45 Jakarta pada Oktober 2019 sampai Juni 2021. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yaitu dengan 5 tahap utama yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Petunjuk praktikum yang dihasilkan yaitu dalam bentuk cetakan yang berukuran A4 yang dapat digunakan sebagai pedoman dan acuan pelaksanaan praktikum kimia berbasis kontekstual di laboratorium. Petunjuk praktikum kimia ini memiliki empat konten utama yaitu pendahuluan, praktikum 1, praktikum 2, dan praktikum 3. Petunjuk praktikum kimia ini juga dilengkapi dengan tautan video praktikum dan format laporan praktikum. Hasil uji validasi oleh ahli materi dan bahasa pada petunjuk praktikum kimia yang dihasilkan pada rentang 75%-100% dengan nilai reliabilitas sebesar 0,98 dan mendapatkan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji validasi oleh ahli media diperoleh pada rentang 75%-83% dengan nilai reliabilitas sebesar 0,89 dan mendapatkan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji coba skala kecil petunjuk praktikum kimia oleh guru diperoleh persentase sebesar 93% dan oleh peserta didik diperoleh persentase sebesar 84,5% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji coba skala besar oleh guru diperoleh presentase sebesar 88,5% dan oleh peserta didik diperoleh persentase sebesar 87% dengan kategori “Sangat Baik”. Petunjuk praktikum kimia berbasis kontekstual pada materi larutan penyangga ini dapat menjadi referensi untuk pelaksanaan kegiatan praktikum di laboratorium dan dapat menambah pengalaman dan wawasan peserta didik untuk melakukan praktikum dengan bahan yang mudah didapatkan di kehidupan seharihari. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa petunjuk praktikum kimia berbasis kontekstual pada materi larutan penyangga ini mendapatkan kategori “Sangat Baik” dan layak digunakan sebagai alternatif referensi kegiatan praktikum kimia di laboratorium. This study aims to develop contextual-based chemistry practicum instructions on buffer solution material, as well as knowing the feasibility of practicum instruction generated through expert validation tests and trials to teachers and students. This research and development was conducted in SMAN 107 Jakarta and SMAN 45 Jakarta in October 2019 until June 2021. The type of research used was Research and Development (R&D) with quantitative descriptive method. This research and development uses the ADDIE model with 5 main stages, namely Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. The resulting practicum instructions are in the form of an A4 sized print that can be used as a guide and reference for the implementation of contextual-based chemistry practicums in the laboratory. This chemistry practicum instruction has four main contents, namely introduction, practicum 1, practicum 2, and practicum3. This chemistry practicum instruction is also equipped with practicum video links and practicum report formats links. The results of the validation test by material and language experts on the chemical practicum instructions were produced in the range of 75%-100% with a reliability value of 0,98 and got the “Very Good” category. The results of the validity test by media experts were obtained in the range of 75%-83% with a reliability value of 0,89 and got the “Very Good” category. The results of small-scale trial of chemistry practicum instructions by teachers obtained a percentage of 93% and by students obtained a percentage of 84,5% in the “Very Good” category. The results of largescale trials by teachers obtained a percentage of 88,5% and by students obtained a percentage of 87% in the “Very Good” category. The contextual-based chemistry practicum instructions on this buffer solution material can be a reference for the implementation of practicum activities in the laboratory and can add to the experience and insight of students to do practicum with materials that are easily obtained in everyday life. Based on the results of the validity tests and trials that have been carried out, it can be concluded that the contextual-based chemistry practicum instructions on this buffer solution material get the “Very Good” category and feasible to be used as an alternative reference for chemistry practicum activities in the laboratory.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Darsef Darwis, M.Si ; 2). Fitriani, M.Pd |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 14629 not found. |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 05:48 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 05:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31768 |
Actions (login required)
View Item |